Wanita Tua Dilarang Pakai High Heels, Ini Resikonya


Sepatu hak tinggi atau yang kerap disebut high heels memang membuat penggunanya terlihat mempesona. Tak heran jika kaum wanita sangat menggemari high heels. Bahkan, high heels menjadi pilihan sepatu yang sering dipakai saat berjalan-jalan ataupun menghadiri acara formal misalnya pesta.

Tak hanya wanita muda saja yang memakai sepatu jenis ini, perempuan tua dengan kisaran usia lebih dari 65 tahun pun juga masih ada yang mengenakai high heels.

Namun, sebuah studi menyatakan bahwa wanita lanjut usia yang mengenakan high heels akan menimbulkan resiko pada kesehatannya. Bahkan, setiap tahunnya terdapat satu dari tiga manula terjatuh saat memakai sepatu hak tinggi.

Berhati-hatilah jika sering terjatuh, pasalnya kondisi ini akan memicu kecelakaan lain misalnya patah tulang pinggul. Seperti dilansir DailyMail, Rabu (26/11/2014), sebanyak 700 ribu wanita lanjut usia menjalani operasi di rumah sakit, karena patah tulang pinggul.

Pernyataan ini pun dibenarkan oleh Dr. John Wade selaku ahli saraf dari Wexham Park Hospital, Berkshire. John mengatakan bahwa sering terjatuhnya wanita lanjut usia ketika memakai high heels berkaitan dengan produktivitas sel otak yang mulai menurun.

Di sisi lain, Christopher Walker, Konsultan traumatis dan Spesialis Tulang dari Royal LiverpoolUniversity Hospital mengklaim bahwa pemakaian high heels pada wanita manula justru bisa melindungi mereka dari risiko terjatuh yang sangat rawan terjadi pada usia mereka.

â??Setiap sepatu dengan hak tinggi memiliki sedikit area pijak yang memicu penggunanya mempertajam kesadarannya akan keseimbangan tubuh mereka. Jika digunakan oleh para nenek, kesadaran akan keseimbangan sang nenek akan terpicu dan kemungkinan terjatuh dapat dihindari,” ujar Walker.

â??Tetapi, penggunaannya harus diiringi dengan latihan terus-menerus, agar kesaimbangan semakin terasah dan kemungkinan jatuh semakin terhindar.” sambungnya.

Wajar-wajar saja bila wanita lanjut usia memakai high heels, namun sebaiknya diimbangi dengan penggunakan sepatu tanpa hak alias flatshoes. Ini dimaksudkan agar sang wanita tua tak terjatuh. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak