Taman 4 Musim Ini Bakal Diterapkan di Monas


Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, sebelumnya sempat merencanakan untuk mengubah kawasan Monas seperti taman 4 musim di Victoria, Kanada. Untuk upaya perombakan Monas ini, Ahok akan menggandeng Tahir Foundation. Seperti apa taman yang bakal diterapkan di Monas itu?

Taman yang hendak ditiru konsepnya oleh Ahok adalah Butchart Gardens yang ada di Brentwood Bay, dekat Victoria. Taman yang kebanjiran satu juta pengunjung setiap tahunnya ini merupakan bagian dari National Historic Site of Canada.

Butchart Gardens
Butchart Gardens

Dilansir dari situs Victoria’s Finest Bed & Breakfasts, Jumat (12/12/2014), Butchart Gardens dibangun oleh pasangan Robert dan Jennie Butchart. Taman ini dibangun pada sebuah bukit kapur pada tahun 1904.

Butchart Gardens terdiri dari lima buah taman yang memiliki tema berbeda, yaitu Sunken Garden, Rose Garden, Japanese Garden, Italian Garden, dan Mediterranian Garden. Semuanya menampilkan keindahan berlainan pada musim yang berbeda.

Sunken Garden merupakan taman terluas di Butchart. Sesuai namanya, taman ini didirikan di bawah bukit. Sebab Sunken Garden dulunya adalah tanah bekas galian tambang kapur. Taman ini terbelah oleh jalan setapak berliku yang dihiasi bunga-bunga dan pepohonan hijau.

Butchart Gardens
Butchart Gardens

Eksotisme taman Asia disuguhkan di Japanese Garden. Torii merah, pohon-pohon maple, dan jembatan lengkung yang mewakili ciri taman Jepang menjadi bagian tak terpisahkan taman ini. Sebagian ornamen dan tumbuhan di sana memang didatangkan langsung dari Jepang. Jika berkunjung ke sana saat musim panas, wisatawan bisa mengelilingi taman sambil berperahu.

Butchart Gardens
Butchart Gardens

Italian Garden dan Mediterranean Garden menampilkan keindahan taman bunga ala Eropa Utara. Sementara saat musim panas, tepatnya bulan Juni hingga awal September, Rose Garden menjadi atraksi andalan kebun raya ini. Taman mawar ini ditanami berbagai jenis bunga mawar. Kebanyakan adalah varietas tea rose yang ragamnya lebih dari 117 spesies.

Butchart Gardens
Butchart Gardens

Selain menampilkan keindahan taman empat musim, taman ini juga punya Concert Lawn Walk, tempat para musisi memainkan musik untuk para pengunjung. Jika nantinya konsep taman ini bisa diterapkan di Monas, bisa dipastikan pengunjung Monas akan semakin banyak. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak