Tips Bertahan Hidup Saat Terjadi Kecelakaan Pesawat


Kecelakaan bisa terjadi dimana saja, bahkan di dalam pesawat yang dikatakan transportasi paling aman sekalipun. Tak ada yang bisa memprediksi kapan bahaya akan menjemput kita, namun tak ada salahnya kita melakukan segala upaya agar bisa terhindar dari suatu bahaya.

Dikutip dari wikihow (Rabu, 31/12/2014), berikut ini dia tips bertahan hidup yang bisa dilakukan saat terjadi kecelakaan pesawat.

1. Pilihlah Bangku yang Tepat

3

Salah satu kunci bisa selamat dari kecelakaan pesawat adalah seberapa cepat bisa keluar dari pesawat. Pilihlah btempat duduk yang dekat dengan pintu atau bisa juga di bagian belakang dekat dengan ekor pesawat. Penelitian membuktikan penumpang di bagian ekor memiliki ketahanan hidup hingga 40%.

2. Bacalah Panduan Keselamatan

4

Ada baiknya Anda selalu membaca panduan keselamatan yang ada di dalam pesawat dan dengarkan instruksi keselamatan yang dijabarkan oleh para pramugari. Hal ini akan sangat membantu ketika tiba-tiba ada kejadian darurat.

3. Buat Rencana Darurat

5

Ketika terjadi kecelakaan pesawat, Anda selalu punya beberapa menit untuk membuat rencana. Disinilah ide dan sensitivitas Anda diuji. Cobalah lihat ke bagian luar jendela dimana kira-kira pesawat tersebut akan mendarat mendadak atau jatuh dimana. Ketika tahu akan mendarat di air, cobalah segera memakai jaket pelampung dan gembungkan segera ketika telah keluar dari pesawat atau ketika akan mendarat di wilayah dingin segera kenakan sesuatu seperti jaket tebal atau selimut untuk menghangatkan diri.

4. Pakai Sabuk Pengaman

6

Dalam keadaan apapun, sabuk pengaman adalah cara terbaik untuk terhindar dari kecelakaan. Pastikan sabuk pengaman terletak di atas panggul karena panggul adalah bagian yang paling kuat untuk menahan hentakan.

5. Kokohkan Posisi Badan

1

2

Jika sudah tahu pesawat akan segera jatuh, segera pasang posisi untuk mengokohkan badan. Bungkukan badan Anda sehingga menempel ke lutut agar tak mudah tergoncang. Jika posisi bangku depan mudah diraih tempatkan satu tangan di belakang kursi dan tangan yang lain di atasnya, tempatkan dahi di atas tangan Anda. Jika posisi bangku depan jauh, bungkukkan badan hingga menempel ke lutut, silangkan tangan Anda dan pegang bagian betis kaki. Cara ini untuk menghindari cedera kaki.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman

7

Sebisa mungkin gunakan pakaian yang bisa melindungi seluruh tubuh Anda mulai dari kepala hingga kaki. Gunakan pakaian seperti kemeja yang bisa menutupi seluruh badan. Upayakan pakai sepatu, hal ini gunanya untuk melindungi kaki, sehingga saat terjadi kecelakaan dan pesawat jatuh, kaki Anda terhindar dari puing. Jika berkunjung ke daerah dingin, cobalah selalu kenakan jaket.

7. Tetap Tenang

8

Semua orang pasti akan mudah panik ketika berada dalam situasi kacau seperti pesawat yang akan jatuh. Saat seperti ini Anda harus tenang. Fokus pikirkan segala cara untuk selamatkan diri Anda sebelum pesawat benar-benar terjatuh.

8. Pakai Masker Oksigen

9

Meski Anda berniat untuk membantu orang lain, pastikan dulu Anda juga telah selamat. Biasanya hanya ada waktu sekitar 15 detik untuk bernapas sebelum kecelakaan terjadi.

9. Lindungi Diri dari Asap

10

Biasanya setelah terjadi kecelakaan pesawat, akan muncul asap yang sangat tebal akibat bodi pesawat yang terbakar. Anda bisa menutup hidung Anda dengan kain untuk mencegah asap yang terhirup.

10. Keluar dari Pesawat Secepat Mungkin

11

Sangat penting untuk keluar dari pesawat yang telah jatuh secepat mungkin. Pastikan Anda memilih pintu yang tepat dan tidak ada bahaya lain diluar yang mengancam. Gunakan jaket pelampung jika mendarat di air, dan kenakan selimut jika mendarat di tempat yang dingin.

11. Berlarilah Sejauh Mungkin dari Reruntuhan

12

Ada baiknya jika Anda berlari sejauh mungkin dari pesawat yang telah terbakar. Pastikan jarak Anda sekitar 152,4 meter dari pesawat.

(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak