Serba-serbi Lagu Kebangsaan Dunia


Tiap negara umumnya memiliki lagu kebangsaannya masing-masing, meskipun ada negara yang tidak memiliki lagu kebangsaan. Berikut adalah serba-serbi mengenai lagu kebangsaan yang ada di dunia, seperti dilansir dari National Anthems, Minggu (4/1/2014).

1. Lagu Kebangsaan Tertua

Lagu kebangsaan tertua dari segi lirik dipegang oleh lagu kebangsaan Jepang, “Kimigayo”. Lirik lagu kebangsaan jepang ini diambil dari sastra puisi jepang pada abad ke 9, sumber lain menyebutkan pada periode kekuasaan Heian atau sekitar tahun 794. Sementara dari segi melodi atau segi composing, lagu kebangsaan tertua dipegang oleh lagu kebangsaan Belanda, “The Wilhelmus”. Lagu ini ditulis dan digunakan sebagai lagu kebangsaan resmi pada tahun 1574 sampai tahun 1932 (selama 438 tahun).

2. Lagu Kebangsaan dengan Lirik Terpanjang

Lagu “the Hymn to Freedom” atau “the Hymn to Liberty” dianggap sebagai lagu kebangsaan yang memiliki lirik terpanjang di dunia. Lagu ini adalah lagu kebangsaan negara Yunani. Lirik lagu terdiri dari 158 bait yang diadopsi dari puisi yang ditulis oleh Dionysios Solomos pada tahun 1823. Saking panjang lirik lagunya, sangat jarang warga Yunani sendiri yang hapal lagu tersebut, sehingga beberapa orang menyanyikannya dalam versi pendeknya.

3. Lagu Kebangsaan dengan Durasi Terpanjang

Lagu kebangsaan negara Uruguay “Orientales, la Patria o la Tumba” adalah lagu kebangsaan dengan durasi terpanjang. Lagu ini tersusun dari 105 bars dan berdurasi lebih dari 6 menit, itupun dalam tempo cepat. Musik lagu ini dikomposeri oleh Francisco José Debali bekerja sama dengan Fernando Quijano. Sedangkan liriknya diciptakan oleh Francisco Acuña de Figueroa, yang uniknya dia juga yang menciptakan lirik untuk lagu kebangsaan Paraguay.

4. Lagu Kebangsaan Terpendek

Lagu kebangsaan terpendek, baik dari durasinya maupun liriknya, adalah lagu kebangsaan Uganda yang berjudul “Uganda, Land of Beauty”. Lagu ini diadopsi pada tahun 1962, dengan lirik dan musik yang diciptakan oleh George Wilberforce Kakoma. Durasi lagu ini sekitar 40 detik saja. Saking pendeknya, dalam suatu event kadang-kadang dinyanyikan lebih dari dua kali berturut-turut untuk memperpanjangnya.

5. Lagu Kebangsaan Berumur Terpendek

Negara Somaliland, tercatat sebagai negara yang memiliki umur lagu kebangsaan terpendek, yaitu hanya digunakan selama 5 hari dimulai pada 26 Juni 1960 sampai dengan 1 Juli 1960. Hal ini dikarenakan pada saat itu Pemerintah Somaliland menganggap dirinya sebagai negara penerus Somaliland Inggris protektorat yang merdeka pada tanggal 26 Juni 1960, sehingga mereka menetapkan lagu kebangsaannya sendiri. Namun, akhirnya mereka menyatukan diri dengan Wilayah Perwalian Somalia (ex-Somaliland Italia) pada tanggal 1 Juli 1960 sampai membentuk Republik Somalia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
31
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak