5 Sinetron yang Diduga Plagiat


Karena kepopuleran drama Asia, khususnya Jepang dan Korea, tidak sedikit rumah produksi di Indonesia yang terinspirasi untuk membuat cerita yang sama bagusnya. Sayangnya, sinetron tersebut dianggap menjiplak atau plagiat karena terlalu banyak adegan yang sama persis. Dilansir dari Kapanlagicom, Senin (5/1/2015), berikut adalah 5 sinetron yang diduga plagiat.

1. Kau yang Berasal Dari Bintang

Kay yang Berasal dari Bintang dan
Kay yang Berasal dari Bintang dan Man From The Stars

Masih terasa memang protes-protes fans K-Drama di Indonesia mengenai penayangan serial “Kau yang Berasal Dari Bintang” oleh RCTI. Sinetron yang dianggap meniru drama Kim Soo Hyun, “Man From The Stars”, harus mengganti alur cerita karena tuntutan berbagai pihak, termasuk pemilik hak siar, SBS.¬†Setelah tayang dua episode, “Kau yang Berasal Dari Bintang” tiba-tiba berhenti tayang. Beberapa hari kemudian, sinetron ini berganti judul menjadi “Kau Bintangku” dan alur ceritanya telah berubah.

2. Siapa Takut Jatuh Cinta

Siapa Takut Jatuh Cinta dan Meteor Garden
Siapa Takut Jatuh Cinta dan Meteor Garden

Generasi tahun 90an atau yang lebih tua pastinya pernah tahu sinetron Indonesia, “Siapa Takut Jatuh Cinta”. Sinetron yang dibintangi oleh Leony, Indra L. Brugman, Roger Danuarta, Steve Emanuel dan Jonathan Frizzy ini disebut-sebut sebagai plagiat drama Taiwan, “Meteor Garden”. Setelah tayang dua episode, mulailah para pemirsa membandingkan kemiripan sinetron ini dengan “Meteor Garden”. Karena protes yang muncul di sana-sini, akhirnya pihak produksi lebih memilih untuk mengganti alur ceritanya mulai episode 3, meski mereka tetap menyatakan jika “Siapa Takut Jatuh Cinta” murni karya mereka dan bukan tiruan.

3. Ciuman Pertama

Ciuman Pertama dan Itazura na Kiss
Ciuman Pertama dan Itazura na Kiss

Masih ingat dengan sinetron “Ciuman Pertama” yang pernah dibintangi Agnes Monica? Sinetron yang tayang di Trans TV ini dianggap plagiat drama Jepang super populer, “Itazura na Kiss”. Pemirsa yang pernah menonton drama Jepang tersebut pastilah langsung merasa adanya banyak kemiripan termasuk cerita, penokohan, dan kata-kata tertentu yang populer. Seperti kata baka¬†(bodoh) menjadi populer karena sering diucapkan oleh Naoki pada Kotoko, dan kata moron yang memiliki arti sama di serial “Ciuman Pertama”.

4. Demi Cinta

Demi Cinta dan Endless Love (Autumn In My Heart)
Demi Cinta dan Endless Love (Autumn In My Heart)

Sinetron Indonesia selanjutnya yang dinilai sebagai plagiat adalah “Demi Cinta”. Drama yang dibintangi oleh Leony Vitria dan Rionaldo Stockhorst ini memiliki banyak kesamaan dengan “Endless Love (Autumn In My Heart)”. Alur cerita dan penokohan dua drama ini begitu mirip, bahkan dari cerita awal tertukarnya dua bayi di rumah sakit hingga konflik kisah cinta yang mengikuti para pemainnya saat dewasa. Isu penjiplakan pun mengikuti tayangan tahun 2005-2006 ini, sayangnya tidak ada kepastian dari pihak terkait.

5. Cinderella Boy

Cinderellaa Boy dan Hana Kimi
Cinderellaa Boy dan Hana Kimi

Mengikuti kepopuleran drama “Hana Kimi”, sebuah stasiun TV di Indonesia menayangkan sinetron yang memiliki banyak kemiripan dengan drama Jepang tersebut. Dianggap plagiat, karena jalan cerita dan penokohannya sama persis meski ada beberapa hal yang diubah. Jika dalam versi Jepangnya, “Hana Kimi” menceritakan seorang gadis yang rela masuk ke sekolah khusus cowok dengan menyamar sebagai laki-laki demi mencari pria idamannya. Setelah bertemu dengan atlet lompat tinggi yang disukainya itu, betapa kecewa sang gadis karena ternyata dia berhenti dari olahraga tersebut. Dalam versi Indonesia cerita intinya masih sama, hanya saja olahraga yang dilakukan si pemeran utama pria diganti menjadi basket. Sayangnya “Cinderella Boy” juga disinyalir tidak memiliki izin atas remake dorama yang diadaptasi dari manga ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak