5 Musisi Jazz Handal Indonesia


Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, bass trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note. Meski lebih terkenal di luar negeri, di Indonesia juga ada beberapa musisi jazz handal. Berikut 5 musisi jazz handal Indonesia, seperti dilansir dari Kaskus, Minggu (11/1/2015).

1. Indra Lesmana

Indra Lesmana
Indra Lesmana

Lahir di Jakarta, 28 Maret 1966, Indra Lesmana adalah salah satu musisi jazz, produser, komposer, sound engineer. Dia merupakan putra dari pasangan musisi jazz legendaris Indonesia, Jack Lesmana dan penyanyi senior Indonesia berdarah pada tahun 60-an Nien Lesmana.Karier Hebat musik Jazz Indra dalam dunia musik dimulai saat usianya baru 10 tahun. Tahun 1978, Indra mulai merekam dan merilis album pertamanya.

2. Mus Mujiono

Mus Mujiono
Mus Mujiono

Mus Mujiono lahir di Surabaya, Jawa Timur, 15 Maret 1960. Mus Mujiono alias Nono sangat menyukai musik dan menguasai hampir semua alat musik, dari keyboard, drum,gitar, saksofon, kecuali trompet. Nono juga mendapat julukan sebagai ‘George Benson Indonesia’. Nono besar di keluarga musisi. Ayahnya adalah musisi keroncong, sedangkan kakaknya, Mus Mulyadi, juga penyanyi keroncong. Sejak kelas enam SD, Nono sudah belajar gitar. Salah satu gurunya adalah Harris Sormin dari group band AKA. Kemampuannya bermain musik sangat memikat, bahkan diusianya yang baru 18 tahun, Nono telah rekaman dengan bandnya, The Hands.

3. Fariz RM

Fariz RM
Fariz RM

Fariz Rustam Munaf yang lebih dikenal dengan nama Fariz RM lahir di Jakarta,5 Januari 1961. Dia adalah seorang penyanyi dan musisi Indonesia. Dia dikenal masyarakat melalui lagu-lagu ciptaannya, seperti “Barcelona” dan “Sakura”, yang sempat menjadi hits pada awal tahun 1990-an. Sayangnya kini dirinya tertangkap karena narkoba.

4. Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan
Gilang Ramadhan

Sejak masih kanak-kanak, Gilang telah berkenalan dengan berbagai alat musik, seperti piano, biola, dan alat musik yang paling disukainya, drum. Gilang belajar biola pertama kali di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada tahun 1971. Ia menjadi murid termuda disana. Pendalaman musiknya berlanjut ketika dua tahun kemudian. Gilang sempat bermain di beberapa band di Amerika, antara lain bergabung dengan LACC Big Band yang beraliran mainstream jazz pada tahun 1983 yang membuat dia dikenal secara luas sebagai musisi jazz yang hebat.

5. Dwiki Dharmawan

Dwiki Dharmawan
Dwiki Dharmawan

Sejak kecil Dwiki telah akrab dengan musik. Pada usia 6 tahun, ia telah belajar piano klasik dan belajar piano jazz kepada Elfa Secioria pada usia 13 tahun. Karier profesionalnya bermula di tahun 1985 saat bergabung dengan grup musik Krakatau bersama Pra Budi Dharma, Donny Suhendra, dan Budhy Haryono. Pada tahun yang sama, Dwiki meraih penghargaan â??The Best Keyboard Playerâ?? pada Yamaha Light Music Contest 1985 di Tokyo, Jepang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak