Don't be Captious

Mengenal Bagian-bagian dalam Lagu

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Chorus dan Reff sebenarnya berbeda, persamanannya hanyalah keduanya adalah inti pesan/inti cerita dari lagu. Banyak yang keduanya seringkali tertukar. Chorus merupakan bagian yang paling ditunggu-tunggu dalam sebuah lagu, biasanya statement atau misi utama lagu ada di bagian ini. Chorus memiliki nilai excitement yang lebih tinggi dari Verse.

BACA JUGA: Rizal Abdulhadi, Pencipta Alat Musik Bambu Rasendriya yang Mendunia

Sementara Reff lebih sederhana daripada Chorus. Reff/Reffrain yang bermakna pengulangan biasanya menggunakan bagian lain dari lagu (biasanya Verse) untuk diulang di bagian ini. Notasi pengulangannya sama dan syairnya pun sama, namun tidak menutup kemungkinan syairnya dimodifikasi, namun notasi atau nadanya tetap menggunakan nada yang sama.

5. Interlude

[adace-ad id=”160792″]

Interlude merupakan bagian kosong pada lagu seperti layaknya “intro” tp berada di tengah2 lagu. Interlude ini bagian yang menyambungkan Bait/Verse dengan Verse atau Verse dengan Chorus. Bedanya dengan Intro Tengah adalah dari nada yang digunakan. Tidak terdapat syair dalam Interlude ini.

6. Modulasi

Beberapa sumber ada yang menyebutnya sebagai “Overtone”, namun sebenarnya berbeda. Modulasi artinya adalah perpindahan nada dasar dari suatu lagu. Jika kita pernah menyanyikan Reff/Chorus suatu lagu dan tiba-tiba Reff tersebut menjadi lebih tinggi dari sebelumnya, maka itulah yang disebut dengan Modulasi. Biasanya Modulasi ini terjadi sesudah Chorus dan diiringi dengan Bridge agar tidak terdengar janggal.

7. Ending, Coda dan Outro

[adace-ad id=”160792″]

Meski sama-sama berada di bagian akhir lagu, mereka memiliki fungsi yang berbeda. Ending adalah bagian penutup dari sebuah lagu. Ending berfungsi agar lagu berakhir lancar, smooth (mulus), dan tidak berhenti secara mendadak. Terkadang bagian Ending ada yang dibuat secara fade-out (suara perlahan-lahan mengecil dan hilang).

BACA JUGA: 5 Rekor Dunia Musik yang Tercatat Guinness, Salah Satunya dari Indonesia

Coda, disebut juga “ekor”, merupakan bagian akhir lagu yang berisi nada dan syair untuk menutup lagu. Berbeda dengan Bridge, Coda mengambil beberapa lirik dan nada yang sudah ada sebelumnya pada lagu serta tidak berakhir Fade Out seperti pada Ending. Outro merupakan akhir dari lagu yang hanya berisi instrumen musik saja atau tanpa syair.

Nada yang digunakan berbeda dengan nada-nada sebelumnya, atau hanya memodifikasi nada sebelumnya untuk mengakhiri lagu dengan lembut dan tidak terkesan berhenti secara tiba-tiba atau janggal. (tom)

Latest article