Mengenal Gitaris Pelopor Teknik Tapping


Bagi kamu yang menggemari musik, khususnya gitaris, jelas tidak asing lagi dengan teknik bermain gitar yang bernama tapping. Teknik memetik gitar ini memiliki ciri khas dibanding teknik permainan gitar lainnya. Gitaris harus menekan senar di fingerboard (papan nada), bukan memetiknya di atas sound hole atau pick up yang terletak di badan gitar. Suara yang ditimbulkannya tidak melengking atau noise, tapi blur (terkadang seperti lebah).

â??Tapping itu kan sebenarnya hammer on dan pull off,â? ujar Edo Widiz, gitaris band rock Voodoo, seperti dilansir dari Historiacoid, Kamis (9/4/2015). Hammer on adalah teknik untuk mendapatkan nada lebih tinggi dengan cara memetik nada pertama (nada asal) lalu menekan senar nada kedua (nada lebih tinggi) tanpa petikan. Sedangkan pull off, kebalikan dari hammer on, yaitu untuk mendapatkan nada lebih rendah.

Biasanya gitaris tahu apa itu tapping. Namun tahukah kamu siapa yang pertama kali menemukan teknik tapping tersebut?

Khalayak percaya penemu tapping adalah Eddie Van Halen. Teknik ini mulai populer setelah album “Van Halen” muncul pada 1978. Eddie menyuguhkan permainan solo gitar menarik penuh tapping pada single pembuka â??Eruptionâ?.

Eddie Van Halen (Students of the World)
Eddie Van Halen (Students of the World)

Bagi Edo, kepercayaan itu berangkat dari sifat eksploratif Eddie. Eddie bukan cuma memperkenalkan beragam teknik permainan gitar, tapi juga menciptakan berbagai perangkat (hardware) pendukung gitar seperti tremolo up and down â??yang dipatenkan Floyd Rose karena Eddie tak mematenkannyaâ?? ataupun EVH D Tuner. Eksplorasinya juga menjelajah hingga perangkat sound.

Namun sejumlah gitaris dunia menganggap tapping sudah ada jauh sebelum Eddie muncul. Steve Hackett, gitaris band Genesis, bahkan mengklaim diri sebagai orang pertama yang menggunakannya dalam rekaman. Hackett menggunakan tapping sejak tahun 1971.

Steve Hackett (Music Radar)
Steve Hackett (Music Radar)

Gitaris pentolan Deep Purple, Ritchie Blackmore, juga menyanggah keras. Menurutnya, suatu waktu pada 1960-an dia pernah menonton seorang gitaris country memainkan gitar dengan teknik tapping. Hanya, Blackmore tak tahu siapa orang itu dan tak menanyakan karena dia mabuk berat malam itu.

Yang pasti, gitaris jazz Emmett Chapman sudah memainkan tapping pada 1969, disusul oleh Stanley Jordan. Pada tahun yang sama, Randy Rresnick memainkannya dalam musik blues. Di belantika rock, gitaris Led Zeppelin Jimmy Page sudah ber-tapping-ria pada 1969 melalui single â??Heartbreakerâ?. Menyusul Steve Hackett, Frank Zappa, dan Brian May (Queen), dan Randy Rhoads (Ozzy Osbourne & Quiet Riot).

Jimmy Page (NY Daily News)
Jimmy Page (NY Daily News)

Di luar gitar, tapping â??meski belum dinamakan demikianâ?? sudah ada sejak beberapa abad silam. Komponis Nicollo Paganini memainkannya pada biola. Di abad ke-20, Roy Smeck memainkan teknik serupa pada ukulelenya. Menurut Edo, ayah Eddie, Jan van Halen, juga sudah memainkan teknik serupa pada ukulele.

Lalu apa pendapat Eddie soal teknik yang identik dengan dirinya itu? Eddie tak pernah menyebut dirinya penemu tapping. Menurutnya, dia memainkan tapping karena terinspirasi Jimmy Page di single â??Heartbreakerâ?. Tentu, penggalian lebih jauh Eddie menghasilkan tapping yang berbeda dari para pendahulunya. Hackett tak menyangkal fakta itu.

Menurut Edo, Eddie dan gitaris-gitaris penerusnya mempopulerkan dan mengembangkan finger tapping. â??Gua sih nggak pernah bilang bahwa Eddie menciptakan tapping, tapi bagi gua, dia mempopulerkan tapping. Dan setiap gitaris pasti mengacu pada Eddie, memandang Eddie,â? ujar Edo.

Jadi, bisa dibilang masih belum jelas siapa yang menemukan teknik tapping pada gitar, namun jika ditanya siapa yang mempopulerkan teknik tersebut, maka jawabannya adalah Eddie Van Halen. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak