Aturan Tak Tertulis Jika Ingin Selfie di Alam Bebas


Jalan-jalan tak lengkap rasanya jika melewatkan moment foto-foto terutama yang jalan-jalan ke tempat wisata alam. Selain ingin mengeksplor keindahan lewat jepretan kamera, tangan kamu pasti sudah gatal untuk selfie dengan pemandangan sekitar dan menguploadnya ke berbagai social media milikmu. Sebenarnya hal tersebut tidak ada yang melarang. Kamu bebas untuk jepret sana-sini apalagi selfie sebanyak mungkin dengan pemandangan di sekitar kamu. Tapi tahukah kamu kalau kalau ada aturan tak tertulis jika kamu ingin selfie di alam bebas?

Yup, agar kamu tetap aman ketika melakukan selfie di alam bebas, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan dengan cermat. Seperti kamu harus menghormati aturan di tempat wisata, melihat apa saja larangan yang diberikan oleh daerah tempat wisata kamu, serta mendengarkan anjuran yang diberikan oleh pemandu wisata. Walaupun fotografi masuk ke wilayah karya seni, jangan sampai menyusahkan orang-orang apalagi sampai membahayakan diri sendiri. Kalau kamu membandel toh nantinya kamu sendiri yang akan terkena getahnya.

Ada banyak contoh kasus yang bisa kamu lihat. Di Miami, seorang pria bernama James Crowlett kehilangan nyawanya karena selfie dengan ikan hiu di lautan. Ia kehabisan darah karena kakinya tersambar gigitan ikan hiu. Lalu ada seorang gadis cantik bernama Sylwia Rajchel yang jatuh terpeleset dari jembatan Puente de Triana, Spanyol, setinggi 5 meter saat hendak selfie. Ia terjatuh karena tidak bisa menjaga keseimbangan tubuhnya

Di negeri kita sendiri, tentunya kamu pasti ingat kasus wisatawan yang terjatuh di Puncak Garuda, Gunung Merapi, Jawa Tengah beberapa bulan yang lalu. Wilayah Puncak Garuda di Gunung Merapi sebenarnya adalah daerah yang tidak boleh dijangkau oleh para pendaki. Lalu ada Yanuru Aksanu Laila, mahasiswa Universitas Negeri Malang yang terpeleset di Air Terjun Cuban Sewu. Bukannya ingin menakut-nakuti, tapi alangkah baiknya jika kamu berpikir dengan bijak dan cermat saat hendak berselfie ria. Jangan sampai rasa keinginan kamu untuk berselfie bisa mengalahkan rasa kewaspadaan kamu. Selalu ikuti anjuran atau saran pemandu wisata setempat dan jangan membandel yah guys! So, berselfielah secara bijak dan cermat! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak