5 Film Indonesia yang Masuk Nominasi Oscar


<> on October 19, 2009 in Santa Clarita, California.

Indonesia sudah aktif berpartisipasi dalam ajang seleksi nominasi Oscar sejak tahun 1987. Hampir setiap tahunnya, Indonesia mengirimkan film untuk berkompetisi dengan puluhan film dari negara lain demi memperebutkan posisi nominasi Best Foreign Language Film di Academy Awards. Dilansir dari Muvilacom, Selasa (15/9/2015), berikut adalah 5 film Indonesia yang pernah masuk nominasi Oscar.

1. Nagabonar

“Nagabonar” adalah film karya sutradara M.T Risyaf yang terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang seleksi nominasi Best Foreign Language Film di Oscar pada tahun 1987. Film yang dibintangi oleh Deddy Mizwar ini menuturkan kisah tentang Naga Bonar, seorang pencopet di Medan yang sering keluar-masuk penjara Jepang. Film ini telah memenangkan 6 penghargaan di Festival Film Indonesia pada tahun 1987 dan dibuatkan sekuelnya yang dirilis pada tahun 2007.

2. Tjoet Nja’ Dhien

Dibintangi oleh Christine Hakim, film ini mengisahkan perjuangan istri Teuku Umar, Tjoet Nja’ Dhien yang menggantikan Teuku Umar sebagai panglima perang dan perjuangannya. Film arahan Eros Djarot ini dinyatakan film terlaris kelima di Jakarta pada tahun 1988 dengan penonton sebanyak 214.458 orang, menurut data Perfini. Kemudian film “Tjoet Nja’ Dhien” diajukan sebagai wakil Indonesia menuju nominasi Oscar pada tahun 1989.

3. Langitku Rumahku

Adegan film Langitku Rumahku (Indonesianfilmcenter)
Adegan film Langitku Rumahku (Indonesianfilmcenter)

Film ini meraih nominasi dalam Festival Film Indonesia 1990 untuk kategori Film, Skenario, Sutradara, Fotografi, Editing, Musik, Suara, Pemeran Pembantu Pria (Pitrajaya Burnama), dan Pemeran Pembantu Wanita (Suparmi). “Langitku Rumahku” merupakan besutan aktor senior Slamet Rahardjo pada tahun 1990. Film ini menjadi salah satu peserta seleksi nominasi kategori Best Foreign Language Academy Oscar pada tahun 1990.

4. Bibir Mer

Bibir Mer (Bisnis)
Bibir Mer (Bisnis)

“Bibir Mer” adalah film drama Indonesia keluaran tahun 1992 yang terpilih sebagai wakil Indonesia di seleksi nominasi Best Foreign Language Film di Academy Awards tahun 1992. Meski tak berhasil lolos lima besar, namun film ini berhasil mengantongi dua piala Citra di FFI pada tahun yang sama. Film ini dibintangi oleh sederet artis ternama, seperti Bella Esperance Lee, Jajang C. Noer, dan Tio Pakusadewo.

5. Daun di Atas Bantal

Di ajang Academy Awards yang ke-65, Indonesia mengirimkan karya Garin Nugroho bertajuk “Daun di Atas Bantal”. Pesona film “Daun di Atas Bantal” yang dibintangi oleh Christine Hakim ini berhasil menarik penghargaan di tingkat internasional, termasuk Asia Pasific Film Festival, Singapore International Film Festival dan Tokyo International Film Festival. (tom)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak