Intip Tren Makan Buah dengan Kulitnya yang Kaya Manfaat

Kuliner Pisang (norecipes.com)

Apa saja yang sedang menjadi tren di dunia kuliner? Makan buah dengan kulitnya sedang menjadi tren di dunia kuliner dan kesehatan. Secara tradisional, ada beberapa jenis buah yang bisa dimakan kulitnya dan juga diyakini banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Bahkan sudah ada penelitian khusus untuk beberapa jenis buah serta sayuran loh.

Meski ada jenis buah yang kulitnya memiliki manfaat nutrisi untuk kesehatan, tapi tetap saja ada beberapa kulit buah yang tidak mampu dicerna begitu saja oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, kulit buah tersebut banyak yang dijadikan ekstrak nutrisi dalam bentuk pil atau kapsul supaya mudah dicerna tubuh. JadiBerita punya beberapa jenis buah yang kulitnya bermanfaat untuk kesehatan, yaitu:

1. Pisang

Kuliner Pisang (norecipes.com)
Kuliner Pisang (norecipes.com)

Tren memakan pisang dengan kulitnya baru muncul beberapa waktu ini. Kulit pisang disinyalir mengandung karbohidrat, vitamin B6 kadar tinggi, B12, magnesium dan potasium. Kandungan nutrisi yang sebenarnya tidak berbeda dengan buah pisangnya sendiri. Kadar gula kulit pisangnya sendiri disebutkan lebih tinggi saat kulit pisang mulai menghitam.

2. Manggis

Buah manggis (www.vegetafruit.com)
Buah manggis (www.vegetafruit.com)

Kamu pasti tahu tentang tenarnya iklan vitamin serta obat-obatan yang memiliki ekstrak kulit manggis sebagai kandungan bahan utamanya. Tren makan kulit manggis ini baru mulai marak sejak setahun yang lalu. Berhubung kulit manggis tidak bisa dimakan begitu saja, maka kulit manggis kebanyakan dibuat menjadi pil atau kapsul. Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang sangat tinggi lebih tinggi dari vitamin C dan E. Xanthone disebutkan merupakan bahan aktif yang bersifat antikanker dan antioksidan.

3. Semangka

Buah Semangka (www.prevention.com)
Buah Semangka (www.prevention.com)

Buah semangka mengandung banyak vitamin A dan C, potasium, magnesium dan nutrisi lainnya. Ternyata bukan hanya bagian merah dari buah semangka yang bermanfaat bagi kesehatan, tapi bagian putih dan kulit semangka juga berguna untuk tubuh. Beberapa penelitian kecil menyebutkan, asam amino citruline dalam kulit semangka mampu memperbaiki fungsi seksual pada pria, mengendalikan tekanan darah tinggi, dan memperbaiki fungsi prostat,

4. Kiwi

Buah Kiwi (noblepig.com)
Buah Kiwi (noblepig.com)

Kiwi kaya akan kandungan vitamin C dan E, serotonin dan potasium. Kandungan nutrisi yang baik itu disebutkan lebih tinggi jika buah ini dimakan bersama kulitnya. Kulit kiwi memang memiliki serabut-serabut halus seperti rambut sehingga ada sebagian dari kamu yang merasa jijik.

5. Ubi Jalar

Ubi Jalar (www.foodnetwork.com)
Ubi Jalar (www.foodnetwork.com)

Sebagian orang mengkonsumsi ubi jalar sebagai panganan pengganti nasi, tapi ada juga yang menjadikannya sebagai cemilan. Kulit ubi jalar juga dianggap punya zat karbohidrat yang lebih baik dari nasi. Khasiat ubi jalar disebutkan semakin tinggi jika dimakan berikut kulitnya pula. Ubi jalar juga mengandung azam kafeik yang memiliki antioksidan yang sangat tinggi.  Asam kafeik tersebut bisa berfungsi untuk melindungi diri dari virus dan mencegah perkembangbiakan sel kanker.

6. Buah Naga

Buah Naga (www.yummly.com)
Buah Naga (www.yummly.com)

Kulit buah naga yang dikeringkan mengandung zat akif yang mampu mencegah pertumbuhan sel tumor dan melembabkan kulit. Potong-potong kulit buah naga yang telah dicuci bersih, lalu dikeringkan selama 1-2 hari. Kemudian seduh dengan air panas untuk diminum. Pembuatannya mirip dengan pembuatan ekstrak kulit manggis.(jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

Selain I Love You, Ini 5 Kalimat Romantis yang Bisa Kamu Bilang ke Pacar

5 Model Tampan Korea yang Sukses Menjadi Aktor Muda