Beras Hitam si Makanan ‘Terlarang’ Kini Mendunia


Beras Hitam (kaskus.co.id)

Beras merupakan panganan pokok bagi sebagian besar masyarakat Asia, khususnya Indonesia. Namun, jenis beras apa sajakah yang kamu kenal?

Pernahkah kamu mendengar tentang beras hitam? Ya, beras hitam yang merupakan beras â??terlarangâ?? kini justru mendunia. Eits, kamu jangan salah mengartikan konsep â??terlarangâ?? sendiri guys.

Butiran beras hitam lebih mengkilat ya guys (ciri-manfaat.com)

Beras hitam ini dikatakan sebagai makanan terlarang karena dahulunya makanan ini hanya dikhususkan bagi kaisar dan para bangsawan di Cina, guys. Jadi beras hitam ini merupakan makanan terlarang untuk masyarakat biasa.

Memangnya ada apa ya dengan beras hitam sampai-sampai masyarakat biasa dilarang untuk memakannya dan hanya diperbolehkan untuk kaisar dan para bangsawan saja? Ternyata, beras yang sekilas mirip dengan ketan hitam ini memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kedua jenis beras lainnya, yakni beras putih dan beras merah.

Beras putih, beras merah dan beras hitam (detik.com)

Beras ini kaya akan serat dan mengandung antioksidan, fitonutrien, phytochemical, vitamin E, protein, zat besi, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk hati, ginjal dan lambung. Kandungan anthocyanin dipercaya membantu mencegah risiko kanker. Selain itu, beras hitam ini juga rendah gula dan memiliki nilai glikemik yang rendah. Beras ini sangat dianjurkan bagi pasien penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya makanan ini dahulunya dikhususkan untuk kaisar dan para bangsawan untuk memastikan kesehatan mereka.

Dalam sebuah jurnal akan diterbitkan di The Plant Cell mengungkap asal usul tentang bagaimana beras hitam menjadi hitam, dan menelusuri sejarah sifat dari asal molekul dalam penyebarannya ke zaman varietas padi modern. Para ilmuwan ini berasal dari dua lembaga di Jepang yang berkolaborasi untuk meneliti sifat dasar genetik pada beras hitam.

Pertanian beras hitam (fastnewsindonesia.com)

Nah, baru-baru ini beras hitam yang merupakan varietas beras unggulan ini menjadi mendunia dan menjadi populer. Permintaan atas beras hitam ini pun terus meningkat, bahkan beberapa petani beras hitam ini mengaku kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar.

Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba beras hitam dengan citarasa bangsawan ini?

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak