Maumere, Jantung Flores yang Mempesona


Laksana surga yang tersembunyi di planet Bumi, Nusa Tenggara nampak elegan di negeri khatulistiwa. Pulau yang terletak berdekatan dengan Pulau Bali yang tersohor, membuat pulau menawan ini populer. Namun belum terlalu banyak turis yang tahu surga tersembunyi di Nusa Tenggara. Tak heran kalau kawasan ini dijuluki Bali tanpa turis.

Salah satunya Maumere, sebuah kota di Pulau Flores, dan merupakan ibukota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Berada tepat di jantung Flores, kawasan ini menawarkan perjalanan lengkap. Pengunjung bisa mencicip atmosfer religius khas bumi Nusa Tenggara, bermanja di garis pantai nan memukau, serta menyelami kebudayaan lewat interaksi dengan penduduk lokal di tanah ‘sejuta senyum’.

Pulau ini dapat dicapai dengan penerbangan dari Denpasar selama 2 jam atau dari Kupang selama 1 jam. Setelah tiba kota Maumere, jangan terkejut karena Maumere amat besar dan bisa disejajarkan dengan ibukota kabupaten yang cukup maju di pulau Jawa. Nah berikut ini 5 spot paling menarik di Maumere yang harus kamu singgahi.

1. Bukit Nilo

beautinesia.com

Bukit Nilo terletak sekitar 5 km dari Maumere. Nama sebenarnya Desa Nilo, bukit Keli. Namun orang menjulukinya Bukit Nilo. Di atas bukit, ada patung Bunda Segala Bangsa, atau patung Maria, yang tingginya sekitar 18 meter. Belum termasuk fondasinya yang setinggi 28 meter. Beratnya sekitar 6 ton.

Tempat ini tak hanya menjadi wisata religi bagi kaum nasrani, karena panorama indah dapat dirasakan oleh semua manusia. Dari atas bukit Nilo, kamu bisa menyaksikan seluruh kota Maumere.

2. Pantai Koka

lostpacker.com

Pantai Koka menjadi pantai juara di Maumere. Pantai ini terletak Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, memang tidak asing bagi sebagian besar masyarakat di Pulau Flores. Setiap hari libur, warga lokal dan turis asing datang bernostalgia di pantai itu. Letak pantai itu hanya sekitar 100 meter dari jalan trans selatan Maumere-Ende, dengan kondisi ruas jalan yang sudah beraspal mulus.

Di pantai ini kamu bisa berenang, atau sekedar duduk-duduk di gasebo yang tersedia. Pemandangan pantai yang menawan membuatmu betah berlama-lama di sana. Tak jauh dari pantai terdapat banyak penginapan.

3. Pasar Geliting

capamaumere.com

Jika kamu berkunjung ke Maumere, pasar tradisional di Maumere ini jangan sampai dilewatkan. Di pasar Geliting, kamu bisa membawa buah tangan dengan harga lebih murah ketimbang beli di toko oleh-oleh. Kelihaian dalam tawar-menawar dengan para pedagang di sini wajib dilakukan. Lantaran terkadang para pedagang menaikkan harga dua kali lipat.

4. Dermaga dan Taman Laut Maumere

bisniswisata.co.id

Taman laut Maumere merupakan wisata bahari terbaik di dunia. Terdapat banyak ikan dan terumbu karang yang berwarna-warni, serta biota laut lainnya. Untuk menggapai Taman Laut Maumere, butuh waktu 20 menit perjalanan dengan menggunakan jalan kaki dari Kota Maumere.

Di sekitar Dermaga Maumere dan Taman laut Maumere terdapat restoran. Sehingga jadi para wisatawan bisa menikmati kuliner dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Berjalan kaki menjadi transportasi andalan di Dermaga Maumere dan Taman laut Maumere lantaran pemandangan di sekitar Dermaga Maumere dan Taman laut Maumere yang indah.

5. Watublapi

capamaumere.com

Watublapi merupakan satu dusun yang warganya membudidayakan kain ikat tenun. Di Watublapi, kamu akan dimanjakan dengan proses pembuatan kain ikat tenun dari awal hingga akhir. Warga dusun membuat kain ikat tenun secara tradisional dengan alat pemintal dari kayu. Proses perwarnaan dan pembuatan motifnya pun secara alami dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Pembuatan satu kain ikat tenun, melibatkan seluruh perempuan di dusun ini, lho.

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak