Alat-alat Musik Unik dari Seluruh Dunia


Apa alat musik yang kamu tahu? Mungkin kamu bakal menjawab gitar, piano, bass, atau drum. Di samping alat-alat musik yang sudah disebutkan tadi, ternyata ada alat musik yang tergolong tidak biasa dan unik. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah alat-alat musik unik dari seluruh dunia.

1. Stalacpipe Organ

Dibuat oleh ilmuwan Pentagon Leland W. Sprinkle pada tahun 1956, Stalacpipe Organ adalah alat musik terbesar di dunia. Menempati lebih dari tiga hektar Luray Caverns di Virginia, organ ini menghasilkan nada musik dengan memukul palu karet menggunakan konsol Keyboard. Musik yang dihasilkan oleh instrumen ini dapat didengar dari mana saja tanpa pengeras suara. Kelompok Skandinavia Pepe Deluxe adalah artis pertama yang merekam komposisi asli instrumennya pada tahun 2011.

2. Sharpsichord

Salah satu hal unik tentang Sharpsichord ciptaan Henry Dagg ini adalah alat ini bertenaga surya. Sharpsichord berbentuk sebuah silinder berlubang yang berisi 11.520 lubang, dan menggunakan colokan pin untuk menciptakan musik. Silinder ini memutar dan pin memicu mekanisme string yang sesuai. Siapapun dapat membuat musik sendiri dengan instrumen ini, namun hal itu hanya dapat dimainkan maksimal 90 detik, setelah itu harus diprogram kembali.

3. Theremin

Alat ini dirancang oleh penemu Rusia bernama Leon Theremin pada tahun 1920. The Theremin terdiri dari dua antena logam yang dapat merasakan posisi relatif tangan pemain. Para pemain menggerakkan tangannya dalam jangkauan antena. Jarak antara satu tangan dan antena menentukan jarak yang sesuai dengan volume.

4. Singing Ringing Tree

Singing Ringing Tree adalah sebuah patung yang terletak di Pennine Hills, Inggris. Patung ini dirancang oleh arsitek Mike Tonkin dan Anna Liu pada tahun 2006. Patung ini memiliki ketinggian 3 meter. Patung yang terbuat dari pipa baja galvanis ini dibuat dari berbagai ukuran panjang yang memiliki beberapa lubang. Instrumen ini dapat menghasilkan suara dari angin yang melewati pipa-pipa tersebut.

5. Hydraulophone

Hydraulophone pada dasarnya adalah organ yang didukung oleh air atau cairan. Instrumen ini ditemukan oleh Steve Mann. Instrumen ini memiliki beberapa lubang, dan suara dihasilkan melalui mekanisme ketika aliran air melalui satu lubang yang ditutup. Instrumen ini sering digunakan sebagai perangkat eksplorasi sensorik. Hydraulophone terbesar di dunia berada di Ontario Science Center, Kanada.

6. Nyckelharpa

Zeusaphone adalah salah satu instrumen yang paling aneh di dunia. Alat ini dibuat dari Tesla Coil yang dimodifikasi untuk menghasilkan musik dengan mengendalikan keluarnya percikan frekuensi meskipun frekuensi yang dihasilkan gelombang di luar batas persepsi manusia.

7. Nyckelharpa

Nyckelharpa merupakan alat musik tradisional Swedia. Alat musik ini mungkin dapat diartikan sebagai ‘kunci kecapi’, dan diciptakan pada awal abad ke-14. Alat musik ini terdiri dari 16 string dan 37 kunci.

8. Pikasso Guitar

Dirancang oleh luthier Linda Manzer, Pikasso Guitar adalah salah satu alat musik aneh. Instrumen ini sebenarnya adalah sebuah harpa gitar dimodifikasi dengan tubuh berbentuk baji, memiliki empat leher, dua lubang suara dan 42 string. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak