Don't be Captious

Ini Boyband Pertama yang Eksis di Dunia Musik

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Era boyband sempat ‘menjajah’ dunia musik Indonesia beberapa waktu lalu. Boyband sendiri sudah menjadi tren sejak tahun 90an. Namun tahukah kamu, siapa boyband pertama yang eksis di dunia musik?

Dilansir dari Historiaid, Kamis (2/6/2016), boyband pertama di dunia tampil di Tiny Tots Jamboore, sebuah acara kontes mencari bakat yang dihelat Rosevelt High School, di kota Gary, Indiana, Amerika Serikat. Mengusung nama keluarga Jackson, mereka menjajal peruntungan di dunia musik dan ternyata mereka menang. Seorang agen pencari bakat lokal, Evelyn Lahalie, menyarankan mereka menggunakan nama The Jackson 5.

The Jackson 5 (Abcnews)
The Jackson 5 (Abcnews)

Sejak itu mereka tampil sebagai sebuah kelompok musik profesional. Jackson 5 menjelajah kota-kota di Amerika, terutama klub-klub kulit hitam atau â??Chitlin Circuitâ?, karena diskriminasi rasial masih kuat di Amerika. Berbekal bakat mumpuni, mereka tak kesulitan memikat hati penggemar.

The Jackson 5 â??dieja juga dengan The Jackson Five atau The Jackson 5ive, dan kemudian sebagai The Jacksonsâ?? mulanya sebuah kelompok musik bernama The Jackson Brothers, yang terbentuk pada 1964. Personelnya adalah tiga kakak tertua dari keluarga Jackson: Jackie, Tito, dan Jermaine. Bergabung pula dua personel di luar keluarga, yang akhirnya tersingkir dan digantikan dua saudara muda keluarga Jackson, Marlon dan Michael (Michael Jackson sang Raja Pop).

Setelah pentas keliling, di bawah label Steeltown Records, Jackson 5 masuk dapur rekaman dan merilis album pertama “Big Boys” pada Januari 1968. Disusul kemudian album kedua “We Don?t Have to Be Over 21 (To Fall in Love)” pada tahun yang sama. Pamor mereka kian menanjak saat bernaung di bawah label Motown Records pada 26 Juli 1968.

The Jackson 5 (Avclub)
The Jackson 5 (Avclub)

Di Motown Records, kemampuan The Jackson 5 memikat hati Diana Ross, yang bahkan bersedia membantu mengangkat popularitas mereka. Pada Agustus 1969 Diana Ross mengajak Jackson 5 untuk tampil di sebuah private club, the Daisy di Hollywood. Seminggu kemudian mereka tampil bareng Diana Ross di Los Angeles Forum.

Akhirnya, diproduseri Bobby Taylor, The Jackson 5 rekaman dan merilis album “Diana Ross Present The Jackson 5” pada Desember 1969. Album ini berisi 10 lagu lawas plus dua karya The Jackson, yaitu â??Youâ??ve Changedâ? yang pernah mereka rekam saat di bawah label Gordon Keith?s dan â??I Want You Backâ? yang menjadi satu-satunya lagu anyar The Jackson 5.

The Jackson 5 (Jackson5abc)
The Jackson 5 (Jackson5abc)

Mengangkat lagu-lagu bergenre pop, soul, dan R&B, album ini meledak di pasaran dan terjual lima juta kopi di seluruh dunia. Single â??I Want You Backâ? menjadi hit di tangga lagu Amerika, Bilboard Hot 100, melengserkan â??Let it Beâ? milik The Beatles.

Kejayaan The Jackson 5 berakhir pada 1990 karena kesibukan masing-masing personel. Namun, The Jackson 5 selalu diingat dan menjadi acuan boyband di masa mendatang. The Jackson 5 kerap dianggap sebagai salah satu band yang meletakkan konsep dasar boyband. Yakni, terdiri dari lima orang, mengandalkan kekuatan vokal di mana semua personel dapat bernyanyi dengan baik, serta memainkan jenis aliran musik pop dan R&B. Selain The Jackson 5, di era 1960-an, band negeri Paman Sam seperti The Osmond dan The Monkees juga mengusung konsep serupa.

The Jackson 5 (MTV)
The Jackson 5 (MTV)

Istilah boyband sendiri mulai dikenal masyarakat setelah New Edition, group asal Boston, Amerika, memulai tren ini pada 1980-an. Group inilah yang menginpisari New Kids on the Block, Boyz II Men, Backstreet Boys, dan Nâ??Sync pada tahun 1990-an. (tom)

Latest article