Penuh Kesan, 5 Lagu Ini Berkisah Tentang Jakarta


Jakarta menyimpan banyak seniman yang memperlakukan kota tersebut sebagai inspirasi berkarya. Ada yang memang merupakan anak Jakarta asli serta terdapat juga pendatang yang menjadikan Jakarta sebagai arena beradu dengan nasib. Namun ada satu persamaan dalam membuat karya tentang Jakarta ini, yaitu Jakarta memberikan mereka kesan tersendiri, sehingga bisa dijadikan karya. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Jakarta yang ke-489, berikut adalah 5 lagu yang berkisah tentang Jakarta, seperti dilansir dari Rollingstonecoid, Rabu (22/6/2016).

1. White Shoes and the Couples Company – Topstar

https://www.youtube.com/watch?v=7SaXTzKCM5k

Melalui lagu ini, White Shoes and the Couples Company membuat Jakarta terdengar seperti Hollywood; dalam artian, kota penuh godaan yang dapat mempengaruhi banyak orang untuk berlagak seperti manusia tenar. Pergi malam dan pulang pagi jadi indikasi.

2. The Brandals – Ode Pinggiran Jakarta

Seperti halnya Lou Reed dengan New York, Eka Annash kerap kali menjadikan kerasnya Jakarta sebagai sumber inspirasi dalam menulis lirik. Namun dari semua lagu The Brandals yang menjadikan Jakarta sebagai subyek, “Ode Pinggiran Jakarta” menampilkan akurasi paling luar biasa dalam menggambarkan ibu kota.

3. Dewa 19 – Selatan Jakarta

Bila hendak mengingat atau membayangkan seperti apa Jakarta Selatan pada dekade 90-an, maka menyimak lagu ini adalah langkah tepat. “Selatan Jakarta” menyusuri berbagai kawasan pergaulan, mulai dari Mahakam, Mal Pondok Indah, hingga Kemang, untuk, mengukur batas kejayaan, seperti lirik yang dinyanyikan oleh Ari Lasso ini.

4. C’mon Lennon – Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A.

Kota yang besar adalah kota yang menghargai klub sepak bolanya. C’mon Lennon pun nampaknya akan setuju dengan pernyataan tersebut, apalagi sejarah membuktikan bahwa mereka pernah merilis lagu yang berbicara soal mendukung Persija secara langsung di stadion. Tidak tanggung-tanggung, refrain lagu ini juga sempat menjadi favorit JakmaniaĆ¢??sebutan bagi penggemar PersijaĆ¢??untuk dinyanyikan massal ketika menonton klub kebanggaan mereka.

5. Benyamin S. – Kompor Meleduk

Siapa lagi orang yang paling pantas untuk menduduki posisi puncak daftar ini kalau bukan sang seniman serba bisa kebanggaan masyarakat Betawi, dan tidak ada lagu yang lebih layak untuk dicantumkan selain “Kompor Meleduk”. Melalui lagu berirama rock & roll ini, Benyamin S. mengajak para pendengarnya untuk menjaga kebersihan ibu kota agar tidak terserang banjir. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak