5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Dikenal Dunia


Musik jadi salah satu unsur penting dalam budaya. Karena itu lagu dan tari daerah berkembang di beberapa penjuru Nusantara. Selain lagu dan tarian khas daerah, Indonesia juga memiliki sederet alat musik yang khas. Sebagai generasi muda, tentunya kita harus mengenal instrumen musik tradisional yang sudah mendunia ini. Berikut 5 alat musik tradisional Indonesia yang dikenal dunia, seperti dilansir dari Bintangcom, Selasa (23/8/2016).

Sasando

Sasando (Bintang)
Sasando (Bintang)

Sasando merupakan alat musik khas daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Bermakna alat yang bergetar atau berbunyi, Sasando dimainkan dengan cara dipetik seperti harpa. Suara yang dihasilkan tak kalah indah dari alat musik serupa, seperti harpa atau kecapi.

Kendang Sunda

Kendang Sunda (Bintang)
Kendang Sunda (Bintang)

Seperti namanya, kendang berasal dari Sunda, dan sebagian menyebut juga dari Jawa Timur dan Sunda. Alat ini sering digunakan sebagai pengiring tarian tradisional, tapi ada juga yang memainkannya di ranah musik modern seperti jazz dan kontemporer.

Angklung

Angklung (Bintang)
Angklung (Bintang)

Agak berbeda dari kebanyakan alat musik, angklung dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Terbuat dari bambu, alat ini menciptakan suara yang khas. Alat ini biasa dimainkan secara ensembel untuk menghasilkan komposisi yang harmonis. Angklung termasuk salah satu instrumen asal Indonesia yang paling dikenal dunia.

Gamelan

Gamelan (Bintang)
Gamelan (Bintang)

Alat musik khas Jawa Timur ini kerap digunakan sebagai pengiring pagelaran tari. Alat ini juga jadi salah satu elemen penting dalam pagelaran wayang kulit. Ada juga variasi gamelan lainnya yang berasal dari Bali.

Tifa

Tifa (Bintang)
Tifa (Bintang)

Dari Maluku dan Papua, kita memiliki alat musik artistik bernama Tifa. Bentuknya menyerupai kendang atau bedug. Sama-sama dimainkan dengan cara dipukul, Tifa kerap dihias dengan warna yang cantik khas Papua. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
101
Love
OMG OMG
91
OMG
Yaelah Yaelah
23
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
11
Keren Nih
Ngakak Ngakak
41
Ngakak