Ini Cara Baca Tanda-tanda Kedaluwarsa pada Kemasan Makanan


Terkadang kita suka lengah atau kecolongan saat membeli makanan atau minuman di minimarket, warung ataupun pasar yang ternyata sudah kedaluwarsa. Mau dikembalikan susah, kalau ditukar dengan produk sama juga tetap was-was. Ternyata usut punya usut, kecerobohan kita itu disebabkan karena kita bingung membaca tanda-tanda kedaluwarsa dalam kemasan makanan atau minuman.

Banyak yang tidak tahu, kalau ternyata selain istilah best before, ada banyak tanda kedaluwarsa dalam kemasan makanan seperti shelf life atau use by date. Untuk mengetahui arti mengenai tanda-tanda itu bisa kamu lihat berikut ini, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Sell by Date (Dijual pada Tanggal)

Sell by date (Extension)
Sell by date (Extension)

Pencantuman tanda sell by date atau â??dijual pada tanggalâ? merupakan tanda peringatan kepada toko atau penjual agar tidak lagi menjual makanan tersebut setelah melewati tanggal yang tercantum dalam kemasan. Tanda ini memungkinkan para pelayan toko atau penjual untuk mengetahui berapa lama sebuah produk dapat dipajang. Walaupun produk yang melewati tanggal sell by date masih bisa dikonsumsi, tetapi konsumen dianjurkan untuk tidak membelinya.

2. Best if Use Before (Baik Dikonsumsi Sebelum Tanggal)

Best before (Smart-restaurants)
Best before (Smart-restaurants)

Tanda kedaluwarsa best if use before atau â??baik dikonsumsi sebelum tanggalâ? merupakan tanda kedaluwarsa yang sering kita lihat dalam berbagai produk makanan dan minuman. Tanda ini digunakan produsen untuk memberitahukan kepada konsumen kapan produk tersebut masih dalam kondisi segar untuk dikonsumsi. Produk yang melewati tanggal ini sebenarnya masih bisa dikonsumsi, namun kesegaran dan kualitasnya diperkirakan sudah mengalami penurunan.

3. Use by Date (Konsumsi Hingga Tanggal)

Use by date (Modernprepper)
Use by date (Modernprepper)

Sama dengan tanda Best if use before, tanda kedaluwarsa use by date atau â??konsumsi hingga tanggalâ? ini juga merupakan tanda yang menunjukkan kapan sebuah kualitas dan kesegaran produk mulai mengalami penurunan. Produk makanan atau minuman ini berada dalam kondisi terbaiknya sebelum tanggal yang tertera pada kemasan. Namun, jika kamu terlanjur membeli produk yang melewati tanggal tersebut, jangan khawatir karena kamu masih bisa menikmati produk itu, dengan catatan hanya lewat beberapa hari.

4. Shelf Life (Masa Tahan)

Shelf life (Seton)
Shelf life (Seton)

Mungkin tanda ini yang paling tidak umum dalam kemasan produk makanan atau minuman yang diedarkan di Indonesia. Namun jika kamu menemukan tanda semacam ini, tidak perlu bingung, karena tanda ini memiliki arti yang sama dengan tanda-tanda kedaluwarsa lainnya seperti best if use before dan use by date. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak