Ini Dia Cara Membedakan Hp Xiaomi Asli dan KW


Meski terbilang pemain baru dibidang industri telepon pintar di Indonesia, hp Xiaomi sudah memiliki nama yang lumayan tersohor. Meski vendor dari Tiongkok tersebut melabeli telepon pintarnya dengan harga murah, namun pengguna akan terpuaskan dengan spesifikasi Xiaomi yang diatas rata-rata smartphone di kelas yang sama.

Ternyata pamor Xiaomi yang tenar tersebut justru dimanfaatkan oleh oknum yang mengincar keuntungan dengan jalan yang tidak semestinya. Misalnya menciptakan serta memasarkan hp Xiaomi â??KWâ? atau palsu yang betul-betul menyerupai aslinya. Untuk membedakan smartphone Xiaomi asli dan KW anda bisa menyimak info berikut:

Mengecek keaslian hp Xiaomi menggunakan aplikasi

Cara paling simpel untuk mengecek keaslian hp Xiaomi adalah menggunakan aplikasi atau tool milik vendor asal Negeri Tirai Bambu ini. Melalui laptop atau PC anda bisa masuk melalui situs http://id.mi.com, kemudian unduh file APK di situs tersebut dan pasang di smartphone yang akan diperiksa keasliannya. Lalu setelah proses instalasi berhasil ada bisa menjalankannya.

Sebatas informasi, mungkin mode instalasi aplikasi harus anda aktifkan namun dari luar Google Play Store. Mode tersebut dapat ditemukan di perangkat Xiaomi yakni di Settings-Additional Settings-Privacy dan klik Unknown Sources. Lalu refresh situs web di atas dan arahkan handphone pada kode QR sampai proses pemeriksaan berakhir.

Kemudian situs web akan menyajikan informasi tentang hp Xiaomi yang diuji apakah asli atau KW. Namun sayang, aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk smarphone terbaru Xiaomi saja, misalnya: Mi 4i, Mi 4. Sementara pendahulu Xiaomi seperti Redmi 2 dan Redmi 1s belum mendukung aplikasi tersebut.

Mengecek keaslian hp Xiaomi tanpa aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, ada cara lain untuk memeriksa keaslian hp Xiaomi yang anda beli. Cara tersebut antara lain:

  1. Periksa serial number dan IMEI

Pastikan informasi serial number dan IMEI cocok dengan yang tertera di kotak penjualan. Karena bisa saja nomor IMEI sama namun berbeda serial number.

  1. Melakukan factory reset

Untuk mengecek keaslian hp Xiaomi anda bisa menghapus seluruh data yang ada atau melakukan factory reset. Sepertinya sang peniru sukses menciptakan software yang sanggup menipu aplikasi benchmark, seolah produk tersebut memakai spesifikasi yang serupa dengan aslinya.

Dengan melakukan factory reset, maka software tersebut akan terhapus sehingga aplikasi benchmark bisa mengidentifikasi dan mengenali hardware yang sesungguhnya. Kemudian ada bisa memanfaatkan 3 aplikasi benchmark seperti: Sensor Box, CPU-Z dan Antutu. Lalu perhatikan dengan teliti apakah terdapat kesamaan spesifikasi atau tidak.

  1. Memeriksa hasil foto

Periksa aperture, resolusi dan hasil foto kamera dari handphone Xiaomi anda dan pastikan cocok dengan spesifikasi resminya. Karena walau perangkat sanggup menghasilkan gambar yang bagus, produk tersebut belum tentu asli.

  1. Memeriksa versi system operasi

Umumnya hp Xiaomi yang diluncurkan memakai MIUI, versi stabil dan nama tampilan antar muka ciptaan Xiaomi. Sehingga bila masih ditulis dengan beta, bisa jadi perangkat tersebut KW. Anda juga bisa browshing terkait versi MIUI yang tertera di perangkat, bila tidak ditemukan, mungkin perangkat tersebut palsu.

Untuk itu, sebagai pengguna yang bijak harus mengetahui hp Xiaomi yang asli dan palsu sehingga anda bisa menggunakan perangkat secara maksimal dengan nyaman. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak