Don't be Captious

spot_img

5 Tips Olah Vokal untuk Kamu yang Ingin Jadi Penyanyi

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Untuk menjadi seorang penyanyi handal, tentunya diperlukan olah vokal yang mumpuni. Kalau kamu memang ingin menjadi penyanyi, berikut ini ada beberapa tips. Tak tanggung-tanggung, tips ini diberi langsung oleh penyanyi handal Indonesia, yaitu Raisa. Apa saja tipsnya? Ini tips-tipsnya seperti dilansir dari Kawankumagzcom, Senin (14/11/2016).

Bikin bagian vokal yang beda

Raisa (Femina)
Raisa (Femina)

Raisa bilang kalau kita bisa memanfaatkan rongga mulut kita untuk membuat bagian vokal yang berbeda. Ia memperagakan kalau kita ingin menyanyikan sepenggal kata yaitu ‘Gone’. Kita bisa menyanyikannya dengan teknik meninggikan atau merendahkan nada untuk kata tersebut. Sehingga, kita bisa menyanyikan lagu dengan lebih variatif.

Mainkan vibra

Raisa (Gogobli)
Raisa (Gogobli)

Kita juga bisa memainkan vibra ketika menyanyikan sebuah lagu. Apalagi kalau kita ingin cover lagu tertentu. Raisa memberi contoh ketika menyanyikan sepenggal kalimat yaitu ‘I wanna love you.’ Kita bisa memberi vibra pada kata ‘I’ atau juga ‘love’ atau mungkin keduanya.

Menekan nada tertentu

Raisa (Helloasia)
Raisa (Helloasia)

Menurut Raisa, kita bisa menekan nada tertentu dalam menyanyikan sebuah lagu. Masih dengan contoh kalimat ‘I wanna love you’, kita mungkin bisa memberi tekanan lebih berat atau lebih dalam pada kata ‘you’ sebagai penutup.

Menikmati lagu

Raisa (Hellopet)
Raisa (Hellopet)

Selama menyanyi, kita jangan terlalu tegang dan harus enjoy. Walau kita juga memperhatikan teknik dan improvisasi vokal, kita juga harus menikmati lagu yang ingin dibawakan. Ketika kita bernyanyi dengan sangat menikmati setiap nada di lagu maka hasilnya pun akan sangat enak didengar.

Minum ramuan rahasia

Raisa (Mig)
Raisa (Mig)

Untuk menjaga kualitas suara, selain terus latihan, Raisa punya tips yang menurutnya manjur, yaitu meminum ramuan rahasia. “Aku selalu minum madu, dicampur lemon dan air hangat buat bantu jaga suara aku,” katanya. Kamu juga bisa mencobanya, siapa tahu suara kamu bisa seindah Raisa. (tom)

Latest article