Mangia (frozzaholic.com)

Sudah ada rencana ingin pergi ke mana di weekend kali ini? Kalau kamu belum ada acara, bagaimana jika kamu kulineran seru bersama dengan teman-teman sambil hunting spot foto selfie atau wefie di beberapa cafe yang ada di Jakarta. Nongkrong di cafe sambil menyantap makanan dan minuman sambil ngobrol bersama teman untuk menghabiskan waktu saat weekend mungkin terdengar biasa ya JBers. Tapi bagaimana jika kamu datang ke cafe yang memiliki tema unik dan berbeda. Tentunya kamu jadi bersemangat khan?

Banyaknya cafe di Jakarta membuat para pemilik cafe saling bersaing untuk mendapatkan banyak pelanggan. Salah satu hal yang dilakukan adalah membuat cafe dengan tema unik sehingga tampil berbeda. Tema unik yang diusung bisa berupa tema vintage yang sedang tren di kalangan anak muda sekarang. Cafe bertema vintage sangat kental dengan unsur jadul alias tempo doelo, mulai dari makanan dan minumannya hingga dekorasi ruangannya yang cocok untuk kamu foto selfie atau wefie. Jadi penasaran khan sevintage apa sih cafe yang direkomendasikan oleh JadiBerita. Mendingan langsung lihat aja yuk!

1Cafe Batavia

Cafe Batavia (nycitynewsservice.com)

Cafe Batavia menjadi cafe vintage pertama yang paling banyak dikunjungi terutama saat weekend. Pasalnya cafe ini terletak tepat di kawasan Kota Tua atau Taman Fatahillah yang sering dijadikan sebagai tempat wisata. Sesuai dengan namanya, cafe ini memiliki nuansa pada era Batavia di jaman kolonial Belanda dengan unsur klasik dan vintage yang setiap sudutnya mampu membuat tangan kamu gatal untuk berfoto. Makanan yang ada di sini sangat beragam, mulai dari makanan khas Indonesia hingga makanan Barat dan juga peranakan atau China. Buat yang ingin langsung datang, Cafe Batavia tepatnya terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.14, Kota, Jakarta Barat. Jam bukanya mulai pukul 08.00-01.00 malam.

2Mangia

Mangia (freemagz.com)

Tak ingin jauh-jauh ke Kota? Kamu bisa melipir ke daerah Panglima Polim untuk datang ke cafe Mangia yang dari luar tampak seperti kebun bunga jadul dengan aneka tanaman gantung dan interior kayu yang sebagian dicat putih. Pada bagian dalamnya kamu akan dimanjakan dengan warna-warna pastel dan unsur kayu yang sangat kental. Ada beberapa pintu kayu bekas yang segaja dijadikan hiasan dinding. Unsur vintage semakin terlihat dari pemilihan keramik lantai yang memiliki corak vintage seperti di jaman Belanda. Untuk makanan yang disajikan, Mangia punya aneka menu makanan sehat yang merupakan perpaduan Indonesia dan Belanda. Jika ingin datang langsung ke sini, Mangia terletak di Jalan Panglima Polim Raya No.5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 12.00-23.30.

3Bakoel Koffie

Bakoel Koffie (zmtcdn.com)

Mendengar namanya saja kamu pasti sudah tahu kalau cafe yang satu ini memiliki menu andalan kopi yang dibuat dari biji kopi terbaik pilihan yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Bangunan di cafe ini memang sudah lama tapi masih sangat terawat. Selain bangunannya yang jadul, semua interior yang ada di cafe ini merupakan barang-barang jadul seperti kursi rotan dan meja yang bisa kamu jumpai pada era 1900-an, lalu ada foto-foto hitam putih  yang membuat suasana di cafe ini jadi sangat vintage sekali. Bakoel Koffie ini terletak di Jalan Cikini Raya No.25, Menteng, Jakarta Pusat. Untuk jam bukanya mulai pukul 09.00-23.30.

4Blumchen Coffee

Blumchen Coffee (www.whatsnewjakarta.com)

Tak jauh berbeda dengan Bakoel Koffie, Blumchen Coffee merupakan salah satu cafe yang memiliki kopi dengan biji kopi andalan dari Sumatera. Menu kopi andalan di sini adalah kopi luwak yang citarasanya sangat khas dengan aroma wangi yang nikmat. Saat masuk ke dalam cafe ini, aroma kopi memang sangat merebak, tapi yang bisa mengalihkan perhatianmu adalah interior di dalamnya yang sangat terlihat vintage. Perpaduan unsur vintage bisa lihat dari  aneka barang-barang bekas yang sudah tua seperti vespa, sepeda, phone booth, dan lain sebagainya. Blumchen Coffe ini terletak di Fairground SCBD Lot 14, Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan. Jam bukanya mulai dari pukul 06.30-21.00 pada Senin-Kamis, sementara untuk hari Jumat-Minggu buka pukul 06.30-00.00 tengah malam.

5Happiness Kitchen & Coffee

Happiness Kitchen & Coffee (egiaethatarigan.blogspot.co.id)

Terakhir ada cafe yang sedang jadi berita di kalangan anak muda karena setiap sudut di cafe ini sangat instagramable sehingga cocok untuk berfoto sambil menikmati makanan dan minuman enak. Happiness Kitchen mengusung tiga tema, yakni vintage, shabby chic, dan American coutry yang berpadu menjadi satu desain yang unik dan menarik untuk kamu kunjungi. Bangunannya dari luar sangat mudah dikenali karena berbentuk segitiga dengan kayu-kayu dicat hijau pada bagian dindingnya. Masuk ke bagian dalam ruangan, kamu akan disambut dengan pemandangan yang sangat instagramable karena mulai dari keramik, meja, kursi, lampu, serta hiasan dinding lainnya berwarna pastel yang terlihat meriah. Happiness Kitchen & Coffee beralamat di Jalan Muhammad Kafi 1, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jam bukanya mulai dari pukul 10.00-22.00.

Bagaimana JBers, kamu akan mengajak teman-temanmu untuk merasakan masa lampau di cafe yang mana? (jow)