Wisata ke Bali Saat Lebaran (www.travelid.net)

Libur lebaran merupakan libur terlama di Indonesia. Libur lebaran biasanya berkisar antara 3-7 hari. Libur lebaran selain dimanfaatkan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama dengan sanak saudara, juga bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama dengan keluarga. Bagi kamu yang belum ada agenda acara liburan atau masih bingung ingin liburan lebaran ke mana, kamu bisa merencanakan untuk pergi berlibur ke Bali. Pergi liburan ke Bali pasti membutuhkan biaya yang banyak, apalagi saat musim libur lebaran. Pastinya semua harga jadi dua kali lipat, baik itu harga tiket kendaraan hingga penginapan. Lalu bagaimana caranya agar bisa menikmati liburan di Bali dengan budget minim saat libur lebaran? Ini tipsnya dari JadiBerita!

1. Melalui Jalur Darat

Naik Bus ke Bali (radarkampus2016.blogspot.co.i)

Banyak orang yang berpikir kalau liburan ke Bali haruslah melalui jalur udara alias naik pesawat. Tapi tentunya harga pesawat saat musim lebaran akan lebih mahal. Kamu bisa memilih jalur darat dengan naik kendaraan bus atau travel. Semakin banyak orang atau rombongan yang ikut biasanya akan semakin murah. Setelah sampai di Bali, sewalah sepeda motor atau mobil untuk menghemat pengeluaran transportasi kamu. Harganya bisa jauh lebih murah jika kamu menyewa kendaraan dibanding naik taksi atau transportasi umum.

2. Menginap di Home Stay atau Hostel

Hostel di Bali (tripadvisor.com)

Untuk penginapan, jangan menginap di hotel! Pilih hostel dengan harga sewa kamar yang berkisar antara Rp 150.000-Rp 350.000. Fasilitas hostel yang diberikan tak jauh berbeda kok dengan hotel. Ada fasilitas kipas angin, lemari, wifi, dan lain sebagainya. Jika kamu datang dengan rombongan, lebih baik kamu memilih homestay di salah satu rumah penduduk. Untuk mencaritahu lebih lanjut mengenai homestay, kamu bisa bergabung dalam komunitas backpacker Indonesia.

3. Pergi ke Tempat Wisata Gratis

Pasih Uug (obyekwisataterlengkap.blogspot.co.id)

Namanya juga kota wisata, jadi hampir semua lokasi di Bali bisa kamu jadikan spot wisata. Tak melulu tempat wisata yang sudah terkenal, tapi kamu juga bisa mengunjungi  tempat wisata terpencil yang gratis dan belum banyak orang yang tahu seperti Bukit Asah BugBug yang terletak di Karangasem, Waterblow yang terletak di belakang Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Pantai Pasih Uug yang ada di Banjar Sumpang, dan masih banyak lagi. Dengan mengunjungi tempat wisata gratis di Bali, kamu juga akan terhindar dari padatnya pengunjung karena di tempat wisata gratis ini biasanya jarang orang yang tahu.

4. Makan di Kedai Kaki Lima

Kuliner Kaki Lima (blog.airyrooms.com)i Kaki

Liburan tak akan lengkap tanpa wisata kuliner. Saat musim lebaran, tentunya restoran serta cafe-cafe ternama di Bali akan dipadati banyak pengunjung. Tapi kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa wisata kuliner di kedai kaki lima yang menyajikan aneka menu tradisional lezat. Carilah tempat makan di dekat pasar karena biasanya mereka menjual makanan khas tradisional Bali dengan harga yang murah meriah. Selain perut kenyang dan kantong aman, kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang kuliner tradisional khas Bali.

5. Beli Oleh-oleh di Pasar Tradisional

Pasar Sukawati Bali (badiels.blogspot.co.id)

Membeli buah tangan alias oleh-oleh sudah menjadi hal wajib saat sedang liburan. Saat musim lebaran, oleh-oleh yang dijual di beberapa tempat wisata pasti akan mengalami lonjakan harga. Alangkah baiknya jika kamu membeli oleh-oleh di pasar tradisiona. Selain harganya jauh lebih murah, nuansa etniknya masih sangat terasa. Pilihan pasar tradisional yang bisa kamu datangi adalah Pasar Sukawati, Pasar Seni Tanah Lot, dan Pasar Kumbasari.

Sekarang sudah tahu khan bagaimana cara liburan ke Bali dengan budget minim saat libur lebaran. Sebelum berangkat, jangan lupa untuk membuat jadwal itenary agar liburanmu jadi lebih santai. Selamat berlibur JBers!