Bagi traveler yang hobi naik gunung, tentu aktifitas menaiki gunung adalah sebuah perjalanan yang menantang dan juga menyenangkan. Saat kita berhasil menaiki sebuah gunung dan berhasil mencapai puncak, tentu kita akan merasa bangga dan juga puas karena telah menaklukkan tantangan yang memacu adrenalin. Aktifitas naik gunung bukanlah sebuah wisata yang biasa, karena selain dituntut untuk memiliki kondisi tubuh yang prima, kita juga harus mempersiapkan segala sesuatunya saat berada di atas gunung.

Baik pemula maupun yang sudah sering naik gunung harus memperhatikan dan mempersiapkan apa-apa saja yang mesti dibawa saat menaiki gunung. Peralatan untuk menaiki gunung memang harus dipersiapkan sebelum kita berangkat menuju ke gunung yang ingin dinaiki karena peralatan tersebut akan sangat berguna saat berada disana. Lalu apa saja peralatan yang harus dibawa saat naik gunung? Berikut adalah list nya.

1. Tas Carrier

Tas Carrier

Tas gunung atau yang sering disebut dengan tas carrier adalah salah satu peralatan yang wajib dibawa pendaki gunung. Tas ini memiliki banyak kelebihan seperti dapat memuat banyak barang untuk keperluan naik gunung. Selain itu, tas Carrier juga didesain khusus agar tetap nyaman saat membawa beban berat sekalipun. Jadi punggung kamu tidak akan cepat sakit apabila membawa beban berat dengan menggunakan tas ini. Tas carrier juga biasanya dilengkapi dengan rain cover yang akan melindungi tas dari air ketika hujan datang sehingga barang bawaan pendaki tetap aman.

2. Pakaian Khusus

Pakaian Khusus

sangat penting untuk dipersiapkan sebelum berangkat naik gunung. Pakaian sangat penting untuk pendaki karena pakaian dapat melindungi dari udara dingin atau benda tajam sehingga tidak langsung terkena kulit. Pakaian yang harus dibawa saat naik gunung juga harus sesuai. Jangan membawa atau memakai pakaian berbahan jeans karena pakaian yang berbahan jeans dapat menyerap dingin dan sulit kering saat basah.

Pakailah pakaian yang longgar dan menyerap keringat seperti kaos berbahan katun dan celana training. Untuk menghindari tubuh dari hipotermia, gunakanlah jaket tebal, kaos kaki, kaos tangan, dan celana panjang berbahan kain. Kamu bisa memakai pakaian double apabila masih terasa dingin. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu atau skamul gunung saat mendaki karena sepatu dan skamul gunung didesain agar memiliki cengkraman yang kuat serta tetap nyaman dipakai.

3. Jas hujan

Jas Hujan

Jas hujan adalah perlengkapan yang sangat penting saat naik gunung namun terkadang dilupakan atau disepelekan oleh pendaki. Meskipun jas hujan adalah peralatan yang simpel dan ringan, namun memiliki kegunaan yang sangat penting. Jas hujan akan melindungi pendaki dari kedinginan dan basah apabila hujan datang. Cuaca di atas gunung memang tidak bisa diprediksi sehingga menyiapkan segala sesuatu sebelum terjadi adalah sebuah keharusan.

4. Makanan dan obat-obatan

Makanan dan obat-obatan

Makanan sangat penting untuk dibawa saat naik gunung. Bawalah bekal makanan yang cukup saat naik gunung. Memilih makanan yang benar juga penting karena apabila asal dalam memilih makanan, tentu kita bisa kelaparan saat berada diatas karena kurang nutrisi. Pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mampu mengisi energi. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan karena saat berada diatas gunung, pertolongan pertama dengan obat-obatan sangat penting apabila sakit.

5. Sleeping bag / tenda

Sleeping bag / tenda

Sleeping bag sangat penting untuk dibawa saat menaiki sebuah gunung. Meskipun cukup menyita banyak ruang di tas carrier, namun sleeping bag akan membantu kamu saat kedinginan. Bawalah sleeping bag dengan bahan yang bagus dan hangat. Usahakan lengkapi alas tidur kamu dengan matras sehingga hawa dingin tidak akan menembus badan. Untuk tenda, pilihan ini opsional apabila kamu memiliki teman saat naik gunung. Tenda biasanya dapat memuat 4 sampai 6 orang, tergantung ukuran tenda sehingga cukup 1 orang saja yang membawa tenda. Namun apabila kamu bepergian sendiri, tentu membawa tenda sendiri adalah hal yang wajib.

 

Itulah 5 peralatan yang harus dibawa saat naik gunung kalau ingin aktifitas kamu lebih nyaman dan aman. Selain peralatan diatas, masih ada banyak peralatan yang bisa kamu bawa untuk melengkapi seperti senter, kantong plastik, dan lainnya. Namun 5 peralatan diatas adalah yang sangat vital dan memang harus dipersiapkan dengan matang. (jow)