Papua, khususnya Wamena, memiliki beragam objek wisata yang unik dan indah. Salah satu yang terbilang unik ada di Lembah Baliem, Desa Aikima, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Apa uniknya? Yang unik adalah di sini terdapat pasir putih yang biasanya ada di daerah pantai, padahal daerahnya sendiri berada di tengah gunung.

Pasir yang ada di Lembah Baliem memang mirip dengan pasir pantai. Dilansir dari Otonomicoid, Jumat (4/8/2017), pasir tersebut memiliki ciri-ciri bulir kecil dan halus. Hanya saja pasir-pasir tersebut berada di sebuah perbukitan bebatuan hitam yang sekelilingnya terdapat rerumputan hijau.

Pasir putih di Lembah Baliem (Otonomi)

Jika meneruskan perjalanan hingga ke bukit teratas batuan tersebut maka kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah. Kamu dapat melihat keseluruhan Lembah Baliem dari atas serta pemadangan sawah nan hijau yang menyegarkan mata.

Bahkan menurut warga setempat, pasir tersebut bercita rasa asin. Padahal di sekitaran pasir putih tidak terdapat sumber atau mata air yang menghasilkan garam.

Pasir putih di Lembah Baliem (Indonesiakaya)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Alpius Wetipo mengatakan bahwa, pasir putih yang ada di tengah pegunungan ini terjadi secara alami. Bahkan, ia juga menuturkan bahwa pasir putih di tengah pegunungan tidak hanya ada di satu area saja, melainkan beberapa titik. Seperti di Distrik Pisugi, Desa Aikima, Kampung Tulem, dan Habema.

Ditinjau dari sejarahnya, Lembah baliem ini dahulunya adalah sebuah danau besar bernama Danau Wio. Hamparan pasir putih tersebut dicurigai sebagai peninggalan dari danau tersebut.

Pasir putih di Lembah Baliem (Thebiggestinindonesia)

Pada 1813 terjadi sebuah gempa dahsyat yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi dan perubahan geologi. Setelah berubah, maka air danau tersebut surut dan membentuk sungai yang kini menjadi sungai Baliem. Sejak saat itu, danau Wio pun berubah menjadi Lembah Baliem.

Jika ingin menikmati suasana pantai namun rasa pegunungan, maka kamu bisa datang ke Lembah Baliem ini. (tom)