Ini Motivasi Welin Kusuma hingga Raih 29 Gelar Akademik, Terbanyak di Indonesia!

Welin Kusuma kini sudah dikenal di seluruh Indonesia sebagai orang yang memiliki 29 gelar akademik dan profesi di usia 36 tahun. Butuh perjuangan 18 tahun bagi Welin untuk meraih semua gelarnya itu. Sebenarnya, apa motivasi dari Welin Kusuma hingga mau terus belajar dan meraih seluruh gelar itu?

“Motivasi saya untuk mendapatkan gelar karena rasa ingin tahu untuk belajar dan mendalami berbagai bidang ilmu,” ungkap dia kepada jadiBerita.com. “Sejak SMA, selain bersekolah, saya mengikuti berbagai kursus di luar kegiatan sekolah, antara lain mengetik 10 jari, aplikasi dan pemrograman komputer, akuntansi, dan bahasa Inggris sampai tingkat lanjut,” tambahnya.

Rupanya, ada hal lain yang juga memotivasi Welin Kusuma untuk bisa memiliki gelar dari banyak jurusan itu. Hal ini datang dari ayahnya sendiri.

Welin Kusuma (Facebook)

“Motivasinya dari ayah saya yang menunjukkan berbagai sertifikat kursus yang pernah ditempuhnya, antara lain listrik, elektronika, dinamo, dan mesin. Berkat kursus yang ditempuh, ayah saya sangat ahli sehingga bisa memperbaiki semua barang elektronik di rumah saya bahkan sampai ke tetangga di sekitar rumah. Dari hal tersebut, saya bertekad menguasai berbagai bidang ilmu agar bisa menyelesaikan berbagai hal di masa yang akan datang,” kenang Welin.

Niat sudah bulat, kemudian Welin melanjutkan pendidikan ke tingkat kuliah. Jurusan yang pertama diambilnya pada saat itu adalah Teknik Industri di Universitas Surabaya (Ubaya) pada tahun 1999. Dari sini pun Welin mulai ‘membuka cabang’ untuk mempelajari bidang lainnya, yaitu bidang manajemen.

“Waktu kuliah di jurusan Teknik Industri tahun 1999, selain bidang teknik, saya juga belajar bidang manajemen. Hal itu mendorong saya pada semester 5 tahun 2001 untuk mengambil kuliah jurusan manajemen kelas akhir pekan di kampus lain. Setelah kuliah manajemen, saya merasakan lebih memahami bidang manajemen,” jelasnya.

Hebatnya, Welin tak merasakan kesulitan meskipun menjalani kuliah rangkap dengan jadwal yang padat. Kemudian, pada tahun 2012, Welin pun memutuskan untuk mengambil 3 jurusan sekaligus.

“Tahun berikutnya (2012) karena sebelumnya tidak mengalami kesulitan ketika kuliah rangkap, saya mengambil 3 jurusan sekaligus, yaitu administrasi niaga, hukum, dan teknik informatika. Walaupun kuliah rangkap, saya tidak menemui banyak kendala bahkan IPK saya tetap baik, lebih dari 3.00. Sejak itu mulai tahun 2003 sampai 2008, setiap tahun saya mendaftar jurusan baru,” ucap Welin.

Welin Kusuma (Facebook)

Atas pencapaiannya dalam bidang akademik, Museum Rekor Indonesia (MURI) mengganjarnya sebagai pemegang rekor peraih gelar multidisiplin terbanyak di Indonesia di tahun 2012 silam. Saat mendapat rekor MURI tersebut, Welin masih berusia 31 tahun dan ‘baru’ mendapat 18 gelar akademik. Welin pun boleh dibilang memecahkan rekornya sendiri saat ini, karena ia telah menambah deretan gelar akademiknya hingga mencapai 29 gelar.

Salut untuk Welin. Semoga bisa menambah gelarnya menjadi lebih banyak lagi, dan bisa menjadi orang dengan gelar akademik terbanyak tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

Berikut ini adalah daftar semua gelar akademik yang berhasil diraih Welin Kusuma hingga saat ini, yang terdiri dari 11 gelar S1, 3 gelar S2, dan 15 gelar profesi.

Gelar S1:
1. Sarjana Teknik/S.T.
2. Sarjana Ekonomi/S.E
3. Sarjana Sosial/S.Sos
4. Sarjana Hukum/S.H
5. Sarjana Komputer/S.Kom
6. Sarjana Sastra/S.S
7. Sarjana Administrasi Publik/S.AP
8. Sarjana Statistika/S.Stat
9. Sarjana Akuntansi/S.Akt
10. Sarjana Ilmu Komunikasi/S.I.Kom
11. Sarjana Ilmu Pemerintahan/S.IP

Gelar S2:
12. Magister Teknik/M.T.
13. Magister Sains Manajemen/M.SM.
14. Magister Kenotariatan/M.Kn.

Gelar profesi:
15. Registered Financial Planner Indonesia
16. Certified Professional in Brand Development
17. Certified Professional in Product Management
18. Certified Financial Planner
19. Affiliate Wealth Manager
20. Bersertifikat Konsultan Pajak
21. Qualified Wealth Planner
22. Certified Professional Human Resources
23. Indonesia Certified Professional Marketer
24. Associate Estate Planning Practitioner
25. Certified Behavioral Analyst
26. Certified Management Accountant
27. Certified Professional Management Accountant
28. Certified International Business Analyst
29. Certified Business Valuer

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Mungkinkah Manusia Bisa Ramal Masa Depan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ingin Dapat Tiket Pesawat Murah Buat Liburan? Ini Cara Mudahnya!