Gerakan berwudhu (www.akos.ba)

Bagi umat muslim, wudhu merupakan salah satu ritual keagamaan yang sangat penting dalam kehidupan. Wudhu berasal dari bahasa Arab â??Al-Wudhuâ?? yang berarti bersuci. Wudhu bermakna membersihkan tubuh dari segala kotoran dengan menggunakan air suci. Baik itu dapat berasal dari air hujan, air sumur, air terjun, hingga air lelehan salju. Wudhu merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi umat Islam sebelum menjalankan ibadah shalat. Berwudhu diyakini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan serta dapat mencegah beragam penyakit.

Dilansir dari teuskancom, ada beberapa alasan kenapa berwudhu lebih diutamakan dibanding dengan tayammum dengan menggunakan debu. Wudhu dengan air dapat menstimulasi atau merangsang irama tubuh secara alami. Rangsangan tersebut muncul pada seluruh tubuh tepatnya pada titik-titik biologis mirip dengan yang biasa dilakukan orang-orang China. Rangsangan yang ditimbulkan dari dalam tubuh ini mirip dengan sistim kerja pijat refleksi dengan menggunakan air sebagai media penyembuhannya. Selain itu wudhu juga bermanfaat mencegah masuknya berbagai macam bibit penyakit. Dalam ilmu kedokteran, kulit berfungsi melindungi tubuh dari kotoran racun, radiasi serta mengatur suhu tubuh. Dengan melakukan wudhu secara rutin, seseorang sama saja telah melindungi dirinya dari racun-racun yang menempel pada kulit, sekaligus juga menjaga kestabilan kulit.

Tidak hanya itu saja, setiap gerakan wudhu diyakini juga memiliki efek positif bagi kesehatan, seperti:

1. Membasuh Kedua Belah Tangan

Gerakan ini dapat berguna mencegah infeksi terutama infeksi kuku yang sering terjadi karena berlebihan pada saat memotong kuku. Air yang digunakan pada saat berwudhu akan bekerja layaknya kompres dingin. Membasuh kedua tangan juga dapat berguna mengurangi nyeri pada luka bakar atau infeksi.

2. Berkumur

Gerakan ini berguna untuk menghindari penyakit pada gigi dan selaput lendir mulut. Karena berkumur menggunakan air bersih dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi maupun mulut yang kerap tertinggal saat menguyah makanan. Selain itu berkumur dalam periode tertentu juga dapat menjaga kelembapan bibir.

3. Membasuh Hidung

Gerakan membasuh dengan cara menghirup air hingga ke dalam rongga sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran hidung dari segala macam kotoran. Karena pada saat bernafas kita berpotensi menghidup udara kotor yang mengandung racun. Jika dilakukan secara rutin gerakan ini dapat menjadi penangkal Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), TBC, hingga infeksi hidung dan tenggorokan.

4. Membasuh Wajah

Gerakan membasuh wajah sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit luar serta membantu proses peremajaan kulit. Dengan kemampuannya menetralisir zat-zat tertentu, air wudhu dapat mengangkat kotoran yang ada di wajah sehingga membuatnya dapat terlihat bersih dan cerah. Terjaganya kelembaban kulit pada bagian wajah inilah yang dapat membuat seseorang menjadi terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

5. Membasuh Kedua Kaki

Gerakan membasuh kedua kaki berguna untuk menghindari infeksi kuman dan jamur. Hal ini terjadi karena kaki merupakan bagian tubuh yang paling berpotensi terkena segala macam kotoran yang mengandung jamur dan kuman berbahaya yang terjadi karena tidak terjaganya kebersihan kaki. Dengan selalu terjaganya kebersihan kaki tersebut, secara tidak langsung akan dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit kulit seperti kanker kulit maupun penyakit lain. (jow)