5 Lagu Terkenal yang Terinspirasi dari Karya Sastra


Inspirasi bisa datang darimana saja. Datangnya pun seringkali tidak terduga, salah satunya bisa dari apa yang kita baca. Begitupun dalam menciptakan sebuah lagu. Jika kita menelusuri secara lebih teliti, ternyata tak sedikit musisi yang karya-karyanya terinspirasi dari sebuah literatur atau karya sastra. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 lagu yang terinspirasi dari karya sastra.

1. The Police – Don’t Stay So Close to Me

The Police mendapatkan inspirasi untuk menulis lirik dan menyanyikan lagu ini dari salah satu karya terkenal Vladimir Nabokov yang berjudul “Lolita“. Novel ini menceritakan tentang Humbert,seorang pria berusia 38 tahun yang terobsesi terhadap seorang perempuan berusia 12 tahun, Dolores Haze. Demi mendekati Dolores, Humbert menikah dengan ibu Dolores dan menyetubuhi anak perempuan itu. Reffrain lagu ini bersuara “Don’t Stand So Close To Me” yang dinyanyikan berulang-ulang. Kiranya lirik tersebut menyuarakan penolakan Dolores yang mencapai ambang muak.

2. Coldplay – Clocks

Lagu yang diciptakan oleh semua anggota Coldplay ini ternyata terinspirasi dari drama karya Friedrich Schiller yang berjudul “William Tell”. Drama ini bercerita mengenai Marskman William Tell, salah satu pejuang yang gigih merebut kemerdekaan dari kekaisaran Habsburg pada awal abad ke-14. Salah satu adegan paling terkenal sekaligus menegangkan dalam drama ini adalah ketika peraturan gubernur mengharuskan William Tell melesatkan busur panah untuk membidik apel yang berada di atas kepala anaknya.

3. The Beatles – Golden Slumbers

Band asal Inggris ini memang ditakdirkan untuk dikenang sepanjang masa dan menyapa setiap generasi untuk kemudian dicintai. Kejeniusan mereka membuat lagu juga ternyata bisa bersentuhan dengan sebuah bacaan karya orang lain. Seperti dalam lagunya “Golden Slumbers”, The Beatles terinpirasi dari puisi berjudul “Cradle Song” yang ditulis oleh Thomas Dekker.

4. Bob Dylan – All Along The Watchtower

Bob Dylan adalah satu-satunya musisi yang berhasil menyabet penghargaan nobel di bidang sastra ini, sehingga tak diragukan lagi kemampuannya dalam menulis lirik yang indah dan apik. Keahliannya dalam menciptakan lirik dan lagu ternyata tak menutupnya untuk mendapatkan inspirasi dari karya orang lain. Salah satunya adalah lagu berjudul “All Along Watcher” yang terinspirasi dari “Frankestein” karya Mary Shelly.

5. Queen – Bohemian Rhapsody

Bohemian Rhapsody menjadi sebuah lagu yang menarik karena lirik lagunya mengundang sejuta misteri, sejalan dengan kepergian si pencipta lagu. Berhasil kembali dipopulerkan sebagai OST film “The Suicide Squad“, lagu ini juga sangat rumit dan banyak menimbulkan perdebatan makna. Namun kabarnya, lagu yang memiliki nada dasar yang berubah-ubah dan unik ini terinspirasi dari buku Camus yang berjudul “The Stranger”. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak