Matoa, Buah Langka Asal Papua dengan Beragam Khasiat

Buah-buahan apa yang kamu tahu? Biasanya tak jauh dari apel, jeruk, pisang atau durian. Namun, Indonesia punya satu buah langka yang bernama Buah Matoa.

Buat kamu yang tinggal di sekitar Indonesia Timur, mungkin tak sulit mendapatkan buah ini. Tapi, untuk yang tinggal di daerah lain, harus ke supermarket untuk mendapatkannya. Sebab, buah legit ini tak dijual sembarangan di pinggir-pinggir jalan. Memang, Matoa sudah sudah bisa dijumpai di seluruh Indonesia, tapi sejatinya pohon buah Matoa hanya tumbuh di Indonesia Timur, khususnya Papua.

Jadi buah khas dari Papua, rupanya Matoa juga sudah terkenal di seluruh Indonesia. Aromanya yang sedap seperti durian dan teksturnya yang seperti kelengkeng memang sangat unik, belum lagi rasanya juga sangat manis. Usut punya usut, rupanya buah ini juga punya banyak khasiat.

Buah Matoa (Khasiat)

Kalau dijabarkan satu persatu, mungkin bakal butuh banyak waktu buat membahas manfaat buah Matoa bagi kesehatan. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, khasiat dari buah Matoa ini mulai dari mengatasi ambeien, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah hipertensi, menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh, dan juga mencegah jantung koroner.

Karena mengandung banyak sekali vitamin C dan E, buah ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radiasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain punya banyak manfaat buat kesehatan, Matoa juga bakal jadi sahabat terbaik para perempuan yang ingin cantik dari dalam. Fungsi buah bisa sama dengan produk-produk kecantikan, sebut saja mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus seperti keriput.

Pohon Buah Matoa (Boombastis)

Selain itu, buah Matoa juga berfungsi sebagai pembersih racun dalam tubuh, hasil nyatanya juga terlihat dari kulit wajah yang lebih bersih dan bebas jerawat. Dan satu lagi, rutin mengkonsumsi buah ini juga akan menjaga kulitmu dari paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kulit.

Sebagai buah yang punya segudang manfaat, tak heran kalau buah Matoa dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Jika kamu membuka toko online, ada beberapa yang menawarkan buah Matoa segar yang siap dipesan. Untuk satu kg buah berkhasiat ini dibanderol dengan harga Rp160 ribu.

Harga Buah Matoa (Tokopedia)

Harga tersebut tentu tak sebanding dengan banyaknya khasiat yang baik buat kesehatan dan kecantikan. Kalau dipikir-pikir lagi, untuk mendapatkan paket kesehatan dan kecantikan yang terkandung dalam Matoa, harga Rp 160 ribu itu tergolong wajar, bahkan murah.

Langka merupakan salah satu alasan kenapa buah ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Pohon buah ini cuma bisa ditemui di wilayah Indonesia bagian Timur, khususnya Papua. Matoa memang tak bisa tumbuh di sembarang tempat. Mereka hanya bisa berkembang dengan baik di daerah dengan kondisi tanah yang kering, tidak tergenang, dan punya lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan pohon Matoa adalah bercurah hujan tinggi.

Setelah tahu manfaat dari buah Matoa ini, tak ada salahnya untuk mulai mencari buah ini untuk disediakan di rumah. Dengan begitu kamu bisa menjalani hidup sehat. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Kenalan dengan Si Cantik Mutik Nida yang Jago Nyanyi dan Main Kendang

Ini Deretan Orang-orang Terkenal yang Memakai Nama Budi