5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Kebanjiran Tawaran Kerja


Ilustrasi tawaran kerja (Pixabay)

Mencari pekerjaan tak semudah yang dibayangkan, apalagi jika sebelumnya kamu nggak memiliki persiapan. Akhirnya, kamu harus sibuk kesana-kemari untuk melamar pekerjaan, dan berharap bisa diterima di salah satu tempat yang kamu lamar. Sebenarnya, ada cara agar kamu bisa mendapatkan tawaran pekerjaan. Caranya adalah rutin melakukan kebiasaan sederhana berikut ini mulai dari sekarang.

1. Sering-sering personal branding

Personal branding (Flickr)

Apa yang kamu lakukan di luar pekerjaan juga mempengaruhi citra dirimu di dunia kerja. Bila kamu rajin menjadi relawan, selalu punya program-program pengembangan diri dan masyarakat yang kamu wujudkan bersama teman-teman, atau menyusun sendiri proyek pribadi yang hasilnya berpengaruh bagi orang lain, otomatis orang akan menolehkan mata padamu. Selain bisa membangun citra diri yang baik, kamu juga  sedang menambah link pertemanan dengan kegiatan-kegiatan itu. Menjadi sosok yang aktif dan kreatif, akan membuat orang nggak ragu-ragu menawarimu pekerjaan bila memang memungkinkan.

2. Maksimalkan akun LinkedIn kamu

Media sosial (Pixabay)

Jika selama ini kamu masih sering berkutat di media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, ada baiknya kamu mulai aktif di LinkedIn. Nggak perlu malu-malu menuliskan prestasi dan apa saja yang sudah kamu raih selama ini. Rajin-rajinlah membaca tips untuk membuat profil LinkedIn milikmu jadi lebih menarik. Jangan lupa juga untuk meminta atasan dan teman-temanmu untuk memberikan rekomendasi dan testimoni, karena dua hal itu akan membuatmu terlihat lebih meyakinkan.

3. Ikut kompetisi

Ilustrasi kompetisi (Pixabay)

Mengikuti sebuah kompetisi bisa menjadi ajang pembuktian diri. Di sana, dengan ladang persaingan yang tersedia, kamu bisa menonjolkan karya dan kualitasmu sendiri. Syukur-syukur kalau kamu berhasil menjadi juara. Kemampuanmu otomatis sudah diakui, sehingga orang pun nggak akan ragu lagi untuk menawarimu pekerjaan. Semakin banyak kamu mengikuti kompetisi, semakin banyak hal positif yang kamu dapati.

4. Mengerjakan tugas sebaik mungkin

Ilustrasi tekun kerja (Sembangkongkang)

Mengerjakan tugas dengan baik menjadi bukti bahwa kamu bertanggung jawab atas apa yang kamu kerjakan. Selain skill-mu meningkat, dengan melakukan kewajibanmu sebaik-baiknya juga akan membangun citra yang baik untuk dirimu sendiri. Inilah yang namanya reputasi. Dengan reputasi yang bagus, karena kamu selalu bekerja dengan serius, bukan mustahil banyak orang yang menginginkanmu berada di timnya.

5. Bikin portofolio online

Ilustrasi portfolio (Pixabay)

Bila kamu seorang penulis, jangan ragu untuk memamerkan tulisanmu di komunitas kepenulisan seperti wattpad, blog, atau website-website semacam itu. Dengan begitu, kamu sudah membuat portofolio online yang bisa memamerkan karyamu. Semua orang bisa mengakses tulisanmu, dan siapa tahu salah satu di antaranya sedang mencari penulis-penulis sepertimu. Hal yang sama bisa dilakukan jika kamu punya keahlian khusus seperti fotografi, videomaker, webdesign, dan lain sebagainya.

Jika kamu rutin melakukan 5 kegiatan di atas, bukan nggak mungkin kamu malah bingung mau bekerja di mana. karena saking banyaknya tawaran kerja yang datang padamu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak