Mau Belajar Jadi Sineas? Ini 5 Kampus di Indonesia yang Punya Jurusan Film

Apakah kamu suka menonton film dan berkeinginan menjadi pembuat film seperti Garin Nugroho atau Hanung Bramantyo? Membuat sebuah film prosesnya sangat panjang dan dibutuhkan kemampuan-kemampuan yang nggak biasa supaya hasil filmnya memuaskan. Kalau kamu berkeinginan untuk berkecipung di dunia film, sudah sepantasnya kamu mulai serius untuk mempelajarinya. Kamu perlu tahu jurusan dan universitas apa yang cocok untuk menyalurkan minatmu. Daripada bingung, berikut adalah 5 kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan perfilman.

1. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Mamikos)

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta merupakan kampus seni ternama di Indonesia. Selain jurusan Seni Rupa yang memang terkenal dari kampus ini, kamu juga bisa mempelajari bidang perfilman di Program Studi Televisi dan Film dari Fakultas Seni Media Rekam. Melalui prodi ini kamu bisa belajar mengenai pengetahuan-pengetahuan terkait dunia perfilman, mulai dari manajemen produksi televisi, manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, hingga editing elektronik.

2. Institut Kesenian Jakarta

Institut Kesenian Jakarta (Edumor)

Prodi Televisi dan Film yang ada di kampus seni ini siap menempa kamu menjadi pribadi yang andal dalam bidang perfilman. Kamu akan diajarkan mengenai creator audio visual, wawasan serta sikap dalam bidang seni, hingga analisis dalam menangani film, fotografi, seni, dan animasi. Bukan hanya mendapatkan wawasan dan pengetahuan dalam bidang produksi film maupun program televisi, kamu juga dibekali dengan keterampilan praktik dan belajar cara bersosialisasi dalam bidang ini.

3. SAE Institute Indonesia

SAE Institute Indonesia (Berandaagung)

SAE Institute Indonesia memang nama yang nggak asing lagi saat berbicara mengenai kampus dengan jurusan film di Indonesia. Kampus ini memiliki Prodi Film/TV Production & Management dengan cakupan pendidikan yang lengkap dan luas. Para pengajar di kampus ini akan mendorong kamu untuk mempelajari latar belakang teoritis untuk topik-topik yang dibahas dan menerapkannya secara kreatif dalam proses produksi film.

4. Institut Kesenian Makassar

Produksi mahasiswa Institut Kesenian Makassar (Cinemapoetica)

Kampus seni yang terletak di Makassar ini menyediakan Program Studi Televisi dan Film dengan jenjang strata satu lho. Setiap mahasiswanya selain dibentuk untuk memiliki ilmu dan kemampuan analisis yang handal dalam dunia kretaif, mereka juga diharapkan untuk menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Terbayang kan begitu bermanfaatnya dirimu ketika mampu menciptakan lapangan kerja untuk orang lain?

5. International Design School

Internasional Design School (Idseducation)

International Design School bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin belajar film dalam waktu singkat. Pasalnya, kamu bisa belajar di jurusan film yang ada di kampus ini dengan lama pendidikan satu tahun. Kamu akan diantarkan menjadi sutradara dan produser film profesional. Para pengajar di sana merupakan sineas-sineas hebat yang memiliki karya di berbagai proyek kenamaan, seperti Ginanti Rona, sutradara film layar lebar “Midnight Show”. Selain itu kamu juga akan diajarkan cara-cara atau proses pendanaan, pembuatan, promo, hingga launching film ke penonton.

Itulah 5 kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan film. Jika kamu mau jadi sineas handal, maka kamu bisa mendalami ilmu-ilmu tentang perfilman di kampus-kampus tersebut. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...