Cari Ide Liburan Long Weekend, Jelajah Geopark Cantik di Indonesia Aja Yuk


sumber pixabay.com

Sudah ancang-ancang mau liburan long weekend dan banyak promo tiket pesawat murah tapi belum tahu mau ke mana? Kenapa nggak coba liburan ke geopark cantik milik Indonesia. Nggak cuma satu, Indonesia memiliki beberapa geopark alias taman dunia, dan sebagian di antaranya sudah diakui oleh UNESCO sebagai World Heritage yang harus dijaga.

Tak hanya memberikan pengalaman yang seru, liburan ke geopark juga memberikan banyak pengetahuan baru dan juga edukasi kepada wisatawan yang berkunjung ke sana. Menarik bukan?

Nah, sebelum tergiur harga tiket pesawat murah ke tujuan yang kamu masih ragu buat datang ke sana, coba intip beberapa geopark berikut ini. Pasti kamu bakal tertarik untuk menjelajahinya.

1. Pegunungan Sewu

Pegunungan Sewu, sumber Phinemo

Pegunungan ini membentang amat panjang, mulai dari Gunungkidul – Yogyakarta, Wonosari sampai ke Pacitan – Jawa Timur, dengan 13 situs alam yang dilindungi oleh UNESCO. Jadi, sebaiknya kamu tentukan titik mana yang bakal dijelajahi buat liburan nanti.

Di antara semua situs di Pegunungan Sewu, liburan ke gunung api purba Nglanggeran bisa jadi pilihan pertama. Selain melihat bentuk gunung purba yang unik, kamu juga bisa merasakan indahnya tinggal di desa wisata Nglanggeran dengan pengalaman menanam padi, masak makanan khas desa Gunungkidul, dan banyak pengetahuan lainnya.

2. Gunung Batur

Gunung Batur, sumber pixabay.com

Kawasan Gunung Batur, Bali adalah Global Geopark pertama yang diakui oleh UNESCO. Selain menyimpan keindahan alam yang luar biasa, kebudayaan di sekitar Gunung Batur juga masih terjaga dengan baik. Mulai dari Pura yang usianya sudah ratusan tahun, pemakaman Trunyan yang masih terjaga sampai sekarang, dan juga danau yang amat cantik. Selain itu, juga ada kopi Kintamani yang wajib banget kamu bawa pulang, keharuman aromanya nggak akan kamu dapatkan dari kopi lain di negeri ini.

3. Danau Toba

Danau Toba, sumber Tribunnews.com

Danau yang terbentuk karena letusan gunung berapi di zaman purba ini menjadi kawasan Geopark Nasional yang dijaga kelestariannya oleh Pemerintah Indonesia. Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang luar biasa cantiknya, Danau Toba juga kaya akan budaya dan juga kekayaan geologi yang tak dijumpai di tempat lain.

4. Raja Ampat

Raja Ampat, sumber Pixabay.com

Kawasan Raja Ampat terdiri dari pulau-pulau yang terbentuk dari bebatuan karst dari masa ribuan tahun silam. Selain itu, kawasan ini menjadi Geopark Nasional karena keragaman biota laut dan juga hayatinya yang sangat istimewa.

Gugusan 1.500 pulau kecil di sekitar Raja Ampat adalah cagar geologi yang tak boleh sampai rusak. Bahkan keragaman biota laut di kawasan ini disebut sebagai yang paling kaya di Bumi, sehingga harus kita jaga bersama-sama agar tak punah.

5. Pegunungan Dieng

Pegunungan Dieng, sumber wisatalengkap.com

Kawasan ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan, dengan puncak pegunungannya yang lebih tinggi daripada awan yang ada di angkasa. Membuat udara di sekitar Pegunungan Dieng sangat sejuk, dengan pemandangan hijau menghampar di semua sisinya.

Tak hanya punya pemandangan alam yang cantik, Pegunungan Dieng juga memiliki keindahan budaya dan adat yang masih terjaga sampai sekarang. Berbagai festival kebudayaan kerap digelar di sana, yang selalu menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Selain beberapa geopark di atas, Indonesia masih memiliki beberapa geopark lain yang sebagian sudah diajukan ke UNESCO agar masuk dalam daftar World Heritage agar bisa dijaga bersama-sama.

Kamu tertarik untuk liburan long weekend ke geopark cantik di negeri ini? Dapatkan harga tiket pesawat murah sekarang juga di Traveloka. Mulai dari tujuan Medan sampai Papua, banyak promo harga tiket pesawat murah yang tersedia. Buka lewat aplikasi di ponsel kamu untuk mendapatkan promo lebih banyak dari Traveloka.

Selamat liburan di geopark! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak