BAGIKAN
Band SMA (YouTube)

Bagi pelajar, terutama SMA, kegiatan yang cukup digandrungi adalah bermusik alias ngeband. Tapi nyatanya, menjalankan band sekolah juga nggak segampang yang dibayangkan. Banyak faktor yang biasa bikin band sekolah bubar. Band besar saja bisa bubar, apalagi cuma band sekolah. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa bikin band bubar dan cara mengatasinya.

1. Nggak bisa atur waktu

Ilustrasi waktu (Pxhere)

Bisa jadi ini faktor penting yang bikin band bubar. Apalagi kalau masing-masing personelnya sibuk karena harus ikut berbagai macam les. Belum lagi kalau punya ekskul lebih dari satu. Itu belum kalau ada personel yang telat datang latihan. Kelihatannya sepele, tapi ini bisa fatal akibatnya. Cara mengatasinya adalah, kalian bisa merekrut manajer. Ini penting. Walau dia nggak megang instrumen, tapi manajer bisa bantu kalian untuk disiplin latihan.

2. Ada yang egois

Ilustrasi pamer skill (Pixabay)

Bisa jago main solo gitar kayak Synister Gates atau John Petrucci merupakan mimpi semua gitaris. Tapi kalau lagi manggung pamer terus, jelas bakalan bikin personel lain keki. Gara-gara salah satu personel merasa paling jago, jadinya malah ingin pamer terus. Hal seperti ini juga sering bikin band sekolah bubar. Cara mengatasinya, kamu harus ajak personel itu berunding. Bilang baik-baik ingatkan tujuan band adalah sebagai wadah berkarya bersama dan personel lain bukan additional player. Kalau teman kamu punya jiwa besar, dia pasti bakal introspeksi diri.

3. Beda konsep musik

Last Child (Tribunnews)

Masing-masing personel pastinya punya idola dan gaya permainan yang ter-influence oleh panutannya. Nggak jarang apa yang asyik buat satu orang, belum tentu asyik buat personel lain. Seharusnya, perbedaan itu bisa memperkaya dan menyatukan, bukan memisahkan. Kalau sudah begitu, kamu bisa cari personel pengganti yang punya visi musik yang sama denganmu. Jangan sampai band bubar cuma gara-gara satu personel.

4. Nggak produktif

Ilustrasi bikin lagu (Jomblongenez)

Jika kamu ingin punya band yang long last sampai band besar, maka kamu harus produktif. Nggak melulu ciptakan lagu, tapi juga bisa bikin aransemen atau memainkan lagu yang kira-kira challenging. Intinya, selalu coba hal baru biar nggak bosan. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah memperkuat tekadmu lagi, ingat tujuan kamu ngeband itu apa dan mulai cari manajer biar kamu lebih disiplin. Membaca cerita perjuangan band-band besar dalam berkarya juga bisa memotivasimu.

5. Pilihan pribadi

Ilustrasi pilihan (Pixabay)

Setiap personel pasti punya pilihan sendiri untuk masa depannya. Nah, kadang ada temen band kita yang ternyata nggak mau sedalam itu di karier musik. Mungkin dia ingin fokus sekolah, ingin punya waktu lebih sama si pacar, atau ingin bisnis. Yang nggak enaknya adalah ketika si personel itu punya peran yang penting. Lagi-lagi, masalah satu personel nggak melulu mesti jadi masalah band. Kamu bisa cari pengganti temanmu itu, asal tekadmu kuat. Penting juga untuk membuat si temanmu yang mau cabut dari band itu untuk menyelesaikan dulu rencana band. Jangan cabut di tengah jalan.

Itulah 5 hal yang bisa bikin band bubar dan cara mengatasinya. Semoga dengan begitu band kamu nggak bubar dan bisa terus bertahan. (tom)

Apa Komentarmu