Cuma Punya Ijazah SMA? Ini 5 Pekerjaan Bergaji Besar untuk Kamu

Siapa yang bilang jika sebuah pekerjaan bergaji besar hanya bisa didapatkan jika kalian lulusan sarjana? Faktanya, banyak juga kok orang di luar sana yang berhasil sukses walaupun hanya lulusan SMA atau malah nggak sekolah. Jika kamu hanya punya ijazah SMA, berikut ini 5 pekerjaan bergaji besar yang bisa kamu lamar.

1. Pramugari atau pramugara

Pramugari (Mulpix)

Siapa sangka jika profesi bergengsi satu ini bisa didapatkan hanya dengan lulusan SMA sederajat? Seorang calon pramugari/pramugara akan dididik oleh pihak maskapai penerbangan. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, kamu harus mempunyai good-looking. Dan yang paling penting adalah penguasaan bahasa asing.

2. Operator produksi

Ilustrasi operator produksi (Lokerteen)

Pekerjaan satu ini memang menjadi primadona, khususnya untuk para lulusan SMK. Sebab, upah yang ditawarkan plus lemburannya itu sangat menjanjikan. Bahkan, seorang operator produksi di kawasan elit, seperti Cikarang dan Karawang, bisa membawa pulang gaji Rp 7-8 juta per bulannya.

3. Pegawai bank

Ilustrasi pegawai bank (Isigood)

Jika kalian mau kerja di Bank, lulusan SMA sederajat memang sudah cukup. Sebab, pihak perusahaan biasanya memang mau mendidik para karyawannya sendiri. Biasanya pula, mereka akan melakukan pendidikan beberapa tahun untuk mencari bibit-bibit unggul dalam bidang finansial. Nah, jika kamu beruntung, kamu  bisa langsung mendapatkan jabatan tinggi. Tentunya dengan gaji yang tinggi pula.

4. Entertainer

Entertainer (Aminoapps)

Punya bakat di bidang tarik suara atau akting? Menjadi entertainer merupakan pekerjaan bergaji besar yang patut kamu coba. Bekerja di industri satu ini memang sangat cepat menghasilkan uang. Menjadi artis juga akan membuat kalian mempunyai banyak penggemar. Di titik itu, kalian juga bisa kembali menambah penghasilan melalui endorse produk, seperti yang dilakukan oleh seleb dan selebgram Indonesia.

5. Abdi negara

Ilustrasi abdi negara (Insight)

Pekerjaan bergaji besar yang terakhir adalah menjadi seorang abdi negara, semisal TNI-AL ataupun Polisi. Mendapatkan gaji bulanan plus uang bonus yang berlipat adalah keuntungannya. Jika kamu mau jadi seorang TNI atau Polisi, kalian harus melewati serangkaian tes yang lumayan berat. Walaupun begitu, kalian harus tetap termotivasi sehingga bisa mengalahkan semua rintangan yang ada.

Jadi, jika kamu hanya lulusan SMA, nggak perlu minder, karena faktanya ada pekerjaan yang bisa beri kamu gaji tinggi, nggak kalah dengan gaji untuk lulusan sarjana. Tetap semangat! (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...