Review Aplikasi Pusaka : Daftar Haji dan Nikah Cukup Pakai HP

Zari

Banyak yang mencari review aplikasi pusaka di pencarian google. Sebab aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibutuhkan oleh mereka yang ingin mendapatkan informasi seputar ibadah haji hingga daftar naik haji. Oleh karena itu kami akan memberikan panduan untuk aplikasi Pusaka di artikel ini, simak sampai tuntas dan selamat mencoba.

Kementerian Agama meluncurkan sebuah aplikasi bernama Pusaka. Aplikasi ini berisi berbagai informasi dan layanan untuk semua agama di Indonesia, termasuk untuk mendaftar haji dan nikah.

Sebelum membahas review lengkapnya, alangkah baiknya berkenalan terlebih dahulu. Aplikasi Pusaka merupakan sebuah aplikasi buatan tim Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama. Aplikasi ini berisi berbagai layanan untuk semua agama di Indonesia, seperti layanan informasi, pendidikan, hingga ibadah. Sebenarnya, aplikasi buatan Kementerian Agama ini masih dalam proses pengembangan, tetapi sudah bisa diunduh dan digunakan.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Bermanfaat yang Membantu Kegiatan Kamu Sehari-Hari

Tampilan dan Kinerja Aplikasi Pusaka

Aplikasi Pusaka memiliki tampilan yang sederhana dengan menu dasbor yang komplit. Terdapat  pilihan menu yang bisa dipilih, seperti layanan dari berbagai agama resmi di Indonesia, layanan  publik, bantuan dan pelatihan, berita, kalender, dan login. Semua fitur tersebut bisa diakses dengan tampilan antarmuka aplikasi yang mudah dipahami.

Kemudahan dalam memahami antarmuka tersebut didukung pula dengan pilihan tema warna yang nyaman dilihat, yaitu biru muda. Tema tersebut juga didukung elemen tambahan seperti gambar rumah ibadah dari semua agama resmi di Indonesia. Elemen tambahan tersebut seolah mempertegas bahwa aplikasi ini dibuat khusus untuk tujuan keagamaan.

Tak hanya pilihan tema warna dan elemen tambahan, aplikasi ini juga patut diapresiasi untuk hal kinerja. Saat membuka aplikasi Pusaka, kami tidak perlu menunggu lama sampai menu dasbor tampil di layar ponsel. Kecepatan saat membuka aplikasi Pusaka menjadi nilai tambah karena akan membuat para penggunanya nyaman ketika menggunakan aplikasi ini.

Pilihan Menu di Aplikasi Pusaka

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beragam pilihan menu yang bisa diakses di aplikasi Pusaka. Pilihan menu tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut.

1. Layanan dari Agama Resmi di Indonesia

Pada bagian dasbor, akan terlihat nama-nama agama resmi di Indonesia. Apabila ditekan, akan muncul berbagai layanan yang bisa diakses oleh pengguna. Contohnya seperti agama Islam. Ketika kata Islam dan simbol bulan dan bintang diklik, akan terlihat berbagai layanan seperti informasi, panduan pendaftaran, serta tempat dan lokasi. Ketiga layanan tersebut terbagi lagi menjadi berbagai sublayanan. Sebagai contoh, layanan panduan pendaftaran terdapat berbagai sublayanan seperti Haji, Umroh, Persyaratan Nikah, Bimbingan Nikah, Proses Legalisasi Buku Nikah, dan Layanan Nikah.

2. Layanan Publik

Pilihan menu layanan publik terbagi lagi menjadi beberapa layanan, seperti Pendaftaran Haji, Pendaftaran Petugas Haji, Seleksi MCH 2023, Estimasi Keberangkatan Haji, Cek Pelunasan Haji, Cek Pembatalan Haji, Pendaftaran Sertifikasi Halal, Sertifikasi Halal, Pendaftaran Nikah, Layanan Pengaduan Masyarakat, dan SPAN-UM PTKIN.

Pada pilihan menu inilah, kamu bisa mendaftar haji dan nikah, asal mendaftar akun terlebih dahulu. Khusus untuk pendaftaran haji, kamu mesti mendaftar di SISKOHAT (Sistem Kompuerisasi Haji Terpadu). Terkait untuk pendaftaran nikah, kamu mesti menyaiapkan dokumen yang diperlukan seperti berikut :

  • Surat Keterangan untuk Nikah
  • Persetujuan Calon Mempelai
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Paspoto ukuran 2 x 3 sebanyak 4 lembar
  • Paspoto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar

Apabila diperlukan, terdapat dokumen tambahan yang dibutuhkan seperti berikut :

  • Surat Dispensasi Pengadilan Agama bagi calon pengantin di bawah usia 19 tahun
  • Surat Akta Cerai (jika calon pengantin sudah cerai)
  • Surat Izin Komandan (jika calon pengantin anggota TNI atau Polri)
  • Surat Akta Kematian (jika calon pengantin duda/janda ditinggal mati)
  • Surat Rekomendasi dari KUA setempat (jika pernikahan di luar wilayah KUA)
  • Surat Izin Kedutaan (bagi WNA)

Apabila semua dokumen di atas sudah lengkap, kamu bisa mendaftar di aplikasi Pusaka dan ikuti semua prosedur di dalamnya.

BACA JUGA: Kisah Perjuangan Pria Disabilitas, Menabung Rp20ribu Per Hari Selama 12 Tahun Demi Berangkat Haji

3. Bantuan Pelatihan

Piliha menu bantuan pelatihan terdiri dari beberapa layanan, seperti Bantuan, Beasiswa, Pelatihan, Rekap Bantuan, dan Rekap Beasiswa.

4. Berita

Berisi kumpulan berita terkait Kementerian Agama.

5. Kalender

Berisi kalender yang di dalamnya terdapat agenda Kementerian Agama dan hari-hari besar keagamaan.

6. Profile

Berisi data diri pengguna aplikasi dan riwayat pengajuan yang pernah dilakukan.

Selain tampilan menu di dalam tubuh dasbor, terdapat pula menu di atas dasbor yang ditampilkan dalam bentuk simbol. Simbol pertama berupa tangan yang diapit saat mengucap salam yang berisi tampilan menu utama, simbol kedua berupa topi toga yang berisi layanan pendidikan, dan simbol ketiga berupa tas yang berisi profil.

Di samping semua menu di atas, terdapat pula poster berjalan di bawah gambar rumah ibadah. Poster tersebut berisi suatu program yang diadakan oleh Kementerian Agama. Apabila posternya diklik, akan muncul informasi lengkap mengenai program yang tertera di dalam poster.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pusaka

Tampilan aplikasi Pusaka

Aplikasi ini memiliki kelebihan dari segi kinerja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Pusaka bisa dibuka dalam waktu yang tidak lama. Tidak hanya saat membuka aplikasi, kecepatan yang sama juga dirasakan saat membuka pilihan menu di dalamnya. Hal inilah yang bisa membuat para penggunanya merasa nyaman saat menggunakan aplikasi buatan Kemenag ini.

Selain kelebihan di atas, terdapat pula kelebihan lainnya, yaitu kemudahan dalam memahami antarmuka aplikasi. Saat membuka aplikasi, semua pilihan menu sudah ditampilkan di bagian dasbor sehingga tidak sulit untuk mencari suatu pilihan. Tak hanya mudah dicari, hampir semua pilihan menu juga mencantumkan namanya masing-masing. Tak hanya pilihan menu yang memiliki nama, simbol-simbol yang tidak mencantumkan nama pun mudah dipahami maknanya sehingga pengguna sudah tahu isi di dalamnya.

Sayangnya, review aplikasi pusaka ini harus mengatakan jujur jika aplikasi ini sayangnya belum terintegrasi dengan Google atau platform lain. Seperti diketahui, akun dari pihak ketiga seperti Google bisa digunakan untuk memasuki akun suatu situs atau aplikasi. Karena belum terintegrasi dengan platform lain, pengguna baru harus mendaftar akun terlebih dahulu supaya bisa masuk ke akun Pusaka.

Download aplikasi pusaka

Penutup

Demikian review aplikasi Pusaka. Bisa dikatakan, aplikasi ini bisa melayani berbagai hal yang berkaitan dengan agama, terutama nikah dan haji. Semoga terbantu.

BACA JUGA: Cara Daftar Haji Online Pakai Aplikasi Resmi Milik Kementrian Agama

Bagikan: