10 Rekomendasi Aplikasi Menulis di HP 2023

Mau tetap produktif? Yuk, berkarya dengan salah satu dari 10 rekomendasi aplikasi menulis di HP yang bisa kamu coba. Simak sampai habis dan selamat mencoba.

Sebelum lanjut, pasti kamu memiliki minat dalam menulis. Hobi ini terbilang fleksibel karena bisa dilakukan dalam media apapun. Dengan media yang tersedia, kamu sudah bisa membuat puisi, cerpen, artikel, bahkan novel.

Salah satu media untuk menulis adalah HP. Supaya bisa menulis melalui HP, terdapat beragam aplikasi yang bisa digunakan. Meskipun demikian, kami hanya merekomendasikan 10 aplikasi menulis di HP sebagai berikut.

1. Pure Writer

Aplikasi Pure Writer

Aplikasi menulis pertama adalah Pure Writer. Aplikasi ini memiliki konsep minimalis dan dapat digunakan kapanpun dan di manapun.

Ketika menulis, kamu tidak perlu khawatir pekerjaanmu terganggu. Hal itu karena Pure Writer memiliki fitur seperti riwayat pemulihan. Fitur tersebut dapat memulihkan draf tulisan yang belum selesai yang tidak sengaja terhapus atau terganggu karena penghentian tak terduga.

Pure Writer memiliki nilai di Google Play Store sebesar 4,6. Apabila ingin mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Pure Writer

2. JotterPad

JotterPad bisa pula kamu coba. Aplikasi ini cocok untuk menulis berbagai naskah, termasuk naskah skenario. Tersedia 60 template yang bisa kamu pilih untuk membantu pekerjaanmu.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga membantumu dalam menulis skenario. Kamu bisa memilih berbagai template untuk skenariomu, seperti Broadway Musical, skrip Podcast, Radio Sitcom, BBC Stage Play, dan lain-lain.

JotterPad memiliki nilai sebesar 4,4 di Google Play Store. Apabila ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh JotterPad

BACA JUGA: Mendalami Profesi Script Writer Buat Kamu yang Suka Nulis, Gajinya Lumayan Lho

3. Fortelling

Aplikasi Fortelling

Aplikasi ini cocok untuk yang suka menulis novel. Fortelling menyediakan fitur untuk merancang unsur-unsur penting di dalam novel.

Salah satu fitur yang dimiliki adalah fitur Pinboards. Fitur tersebut berguna untuk mengatur hubungan antarunsur ke dalam bentuk mind mapping. Dengan demikian, kamu tidak akan bingung saat menulis novel.

Karena novel memiliki alur yang kompleks, tentunya kamu perlu membaginya ke dalam sejumlah bab. Melalui Fortelling, kamu bisa membuat bab sehingga isi ceritamu lebih teratur.

Fortelling memiliki nilai 4,7 di Google Play Store. Bagi kamu yang ingin mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Fortelling

4. Easy Notes

Aplikasi Easy Notes

Aplikasi ini bisa digunakan saat muncul ide untuk menulis. Kamu bisa mencatat idemu lalu rencanakan hal-hal yang diperlukan untuk mewujudkan ide tersebut.

Bukan hanya mencatat ide, Easy Notes juga dapat digunakan untuk mencatat apapun, seperti catatan belanja, catatan tugas, diari, dan lain-lain. Supaya tidak bosan, kamu juga bisa mengganti warna latar pada catatanmu.

Easy Notes memiliki nilai 4,7 di Google Play Store. Supaya bisa menggunakan aplikasi ini, silakan unduh melalui link di bawah ini.

Unduh Easy Notes

5. Writer Plus

Aplikasi Writer Plus

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menulis. Writer Plus menyediakan tempat untuk menulis apapun yang muncul di otakmu. Tulisan yang bisa ditulis di sini pun beragam, seperti lirik, puisi, cerita, serta konsep.

Supaya nyaman ketika menulis, aplikasi ini dilengkapi dengan beragam fitur, seperti mode malam, undo dan redo, pintasan keyboard, bagikan, dan lain-lain.

Writer Plus memiliki nilai 4,8 di Google Play Store. Apabila ingin mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Writer Plus

6. Writing Space

Aplikasi Writing Space

Writing Space bisa membantumu dengan beragam fitur. Di sini, kamu bisa memanfaatkan fitur yang dibuat layaknya Microsoft Word. Contohnya seperti fitur untuk mengubah font serta meratakan teks.

Selain fitur di atas, adapula fitur lain yang bisa dicoba. Salah satunya seperti mode gelap. Fitur ini bermanfaat apabila kamu tidak mau menyakiti mata akibat silaunya cahaya.

Writing Space memiliki nilai di Google Play Store sebesar 4,4. Bagi kamu yang ingin mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Writing Space

BACA JUGA: Tips Biar Nggak Melakukan Plagiarisme, Penulis Muda Wajib Tahu!

7. Novelist

Aplikasi Novelist

Aplikasi ini layak dicoba untuk menulis novel. Sesuai namanya, Novelist dibuat untuk membuat suatu novel. Jadi, kamu bisa merancang semua hal yang dibutuhkan supaya novelmu tercipta.

Melalui Novelist, kamu bisa merancang elemen cerita. Elemen tersebut kemudian dikembangkan menjadi adegan. Jangan lupa untuk membagi adegan ke dalam setiap bab.

Novelist memiliki nilai 4,7 di Google Play Store. Apabila ingin mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Novelist

8. NoteBook

Aplikasi NoteBook

NoteBook bisa mewujudkan idemu dengan beragam fiturnya. Meski hanya berukuran 8 MB, aplikasi ini memiliki beragam fitur yang memanjakan. Salah satunya adalah tidak adanya iklan sehingga bisa menggunakan NoteBook dengan nyaman.

Selain tidak ada iklan, aplikasi menulis ini juga memiliki beragam bahasa pendukung. Bukan hanya itu, NoteBook juga dirancang supaya mudah digunakan oleh siapapun.

NoteBook memiliki nilai di Google Play Store sebesar 4,7. Bagi kamu yang ingin mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini.

Unduh NoteBook

9. Notepad

Aplikasi ini dapat membantumu ketika muncul ide. Bahkan, Notepad juga bisa digunakan tanpa koneksi internet. Jadi, kamu bisa menulis idemu walau kuota habis.

Selain tanpa internet, aplikasi menulis ini juga memiliki fitur lainnya. Salah satunya adalah fitur untuk memeriksa ejaan teks catatan. Dengan demikian, tulisanmu akan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Notepad memiliki nilai 4,7 di Google Play Store. Silakan klik link di bawah ini untuk mengunduh aplikasi Notepad.

Unduh Notepad

10. Writer Lite

Aplikasi Writer Lite

Terakhir, ada aplikasi Writer Lite. Aplikasi ini dirancang untuk mendukung para penulis dalam berkarya. Bagi kamu yang ingin menjadi penulis atau novelis, aplikasi menulis ini pantas untuk dipakai.

Writer Lite menyediakan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan, seperti fitur jumlah karakter dan kata, book shelter, mode gelap, sampai pencadangan otomatis. Semua fitur tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Writer Lite memiliki nilai 4,9 di Google Play Store. Apabila ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Writer Lite

Penutup

Itulah 10 rekomendasi aplikasi untuk menulis di HP yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Penghasil Uang untuk Penulis

Written by Zari

10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Seni AI 2023

Cara Terbaru Daftar Bansos Via Aplikasi