10 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi dengan Pemandangan Terkeren

Mau melepas penat? Yuk, jalan-jalan dan kunjungi salah satu dari 10 rekomendasi tempat wisata di Sukabumi dengan pemandangan alam terkeren di bawah ini. Simak sampai habis dan selamat berlibur.

Sukabumi memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu kota di Jawa barat ini adalah salah wilayah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi selain kota-kota lainnya. Sukabumi terletak di bagian selatan provinsi Jawa Barat, dengan lanskap yang indah dan kekayaan alam yang melimpah. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata di Sukabumi yang menarik dan penuh dengan keindahan alam.

Dari pegunungan hingga pantai, Sukabumi memiliki tempat wisata yang memikat hati dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Kabupaten Sukabumi memiliki luas 4.145 km². Dengan luas tersebut, kabupaten ini memiliki wilayah berupa dataran tinggi hingga pantai.

Pada kesempatan kali ini kita akan berkunjung ke 10 rekomendasi tempat wisata di Sukabumi dengan pemandangan terkeren. Seperti apa tempat wisatanya?, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung (Foto: hyrachmtt)

Tempat ini cocok dikunjungi oleh pecinta alam. Jembatan Situ Gunung merupakan jembatan yang menghubungkan antara dua tanah di perbukitan. Hal yang menjadi istimewa adalah jembatan ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Rekor terpanjang di Asia Tenggara bukanlah tanpa sebab. Jembatan Situ Gunung memiliki panjang 243 meter, lebar 18 meter, serta berada di ketinggian 161 meter. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena jembatan ini sangat aman.

Jembatan Situ Gunung terletak di Jalan Kadudampit, Gede Pangrango, Kabupaten Sukabumi. Harga tiketnya Rp 16.000 saat hari biasa dan Rp 18.500 saat akhir pekan. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 sampai 16.00 pada hari biasa dan 07.00 sampai 17.00 saat hari libur.

BACA JUGA: Ada Mini Niagara Van Java di Sukabumi, Ayo Minggu Depan Kesana

2. Bukit Karang Para

Bukit Karang Para (Foto: achedipro)

Bukit Karang Para cocok pula untuk dikunjungi. Saat ke sana, kamu akan melihat kumpulan batu karang. Batu-batu tersebut menjadi ciri khas bukit ini yang tidak boleh dilewatkan.

Selain batu-batu karang, terdapat pula beragam spot foto yang Instagramable. Di sini, kamu bisa menaiki sepeda gantung, balon udara, serta jembatan cinta. Jangan lupa untuk berfoto dan unggah di Instagram.

Bukit Karang Para berada di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Harga tiketnya sekitar Rp 2.000-Rp 3.000, tetapi tidak termasuk beberapa wahana, seperti sepeda gantung dan balon udara. Tempat ini dibuka 24 jam.

3. Curug Awang

Curug Awang (Foto: robi_junians)

Curug ini memiliki kelebihan tersendiri. Curug Awang memiliki debit air yang banyak sehingga mirip dengan Air Terjun Niagara. Adapun ketinggian air terjun ini adalah 40 meter.

Karena keindahannya, kamu bisa berfoto di sini. Oleh sebab itu, jangkau spot yang bisa menghasilkan foto yang bagus, seperti di atas atau di bawah bukit. Saat berfoto, berhati-hatilah karena terdapat bebatuan licin.

Curug Awang berada di kawasan Geopark Ciletuh, tepatnya di Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Harga tiketnya hanya Rp 3.000. Tempat ini dibuka 24 jam.

4. Pasir Datar Indah

Pasir Datar Indah (Foto: deimran16)

Sejatinya, tempat ini bukan merupakan tempat wisata, melainkan area perkebunan milik warga setempat. Walaupun demikian, Pasir Datar menawarkan pemandangan indah layaknya lukisan sehingga cocok untuk dikunjungi.

Pemandangan tersebut tercipta berkat pepohonan pinus dan cemara yang tertanam di sana. Pepohonan tersebut dilatarbelakangi pula oleh Gunung Gede Pangrango. Oleh sebab itu, para wisatawan datang ke sana untuk berburu foto instagenik.

Pasir Datar Indah terletak di Desa Pasir Datar, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Basah-Basahan di Curug Sodong Sukabumi yang Segarkan Cuaca Hatimu

5. Gunung Sunda

Gunung Sunda (Foto: nina_wati_nsz)

Satu lagi wisata bukit yang tak boleh dilewatkan. Melalui puncak Gunung Sunda, kamu bisa menikmati pemandangan Sukabumi dari atas bukit. Bukan hanya itu, terdapat pula Gunung Gede Pangrango yang menambah cantiknya pemandangan.

Untuk mencapai Gunung Sunda, kamu harus melalui jalan sepanjang 700 meter. Jalan tersebut sudah dilapisi semen sehingga tidak akan terpeleset. Sepanjang jalan, kamu juga akan menjumpai pohon-pohon bambu.

Gunung Sunda beralamat di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Harga tiketnya hanya Rp 5.000 per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 18.00.

6. Curug Cikaso

Curug Cikaso (Foto: aditia.putra.21)

Satu lagi air terjun yang layak kamu kunjungi, yaitu Curug Cikaso. Curug ini berada di dalam hutan sehingga sulit diakses. Meskipun demikian, air terjun ini tetap ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Curug Cikaso memiliki ciri khas berupa air terjunnya yang terdiri dari 3 lintasan. Ketiganya terlihat bersih dan jernih. Kejernihan air tersebut juga didukung oleh indahnya alam di sekitar curug. Oleh sebab itu, curug ini menarik minat para pengunjung.

Curug Cikaso berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Harga tiketnya Rp 5.000 per orang. Waktu kunjungannya mulai pagi hingga sore hari.

7. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan (Foto: aril20)

Tempat wisata ini berada di dalam kawasan Geopark Ciletuh. Bahkan, tempat ini dianggap sebagai pintu masuk untuk menikmati geopark tersebut. Melalui Tebing Panenjoan, kamu bisa melihat seluruh pemandangan geopark, mulai dari perbukitan hingga lautan.

Supaya menambah kenyamanan, Tebing Panenjoan juga memiliki gardu pandang sederhana. Melalui gardu pandang ini, kamu bisa melihat seluruh pemandangan dengan lebih leluasa. Karena bisa melihat panorama alam yang harmonis, maka tak heran kalau tebing ini dijuluki sebagai “Mega Amphitheater”.

Tebing Panenjoan berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Tempat ini dibuka 24 jam. Mengenai harga, kamu hanya perlu membayar parkir seharga Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

BACA JUGA: Cari Ide Liburan Long Weekend, Jelajah Geopark Cantik di Indonesia Aja Yuk

8. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang (Foto: mibrahimii)

Selain Bukit Karang Para, kamu juga bisa berkunjung ke Bukit Karang Numpang. Ciri khas dari bukit ini adalah karang-karangnya yang saling bertindihan. Tempat wisata di Sukabumi ini baru dibuka pada tahun 2015.

Sebelum mencapai puncak bukit, kamu perlu melakukan trekking. Adapun medan yang harus dilalui berupa tanah yang dipagari oleh rerumputan tinggi. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Bahkan, terlihat pula Gunung Gede dan Gunung Salak.

Bukit Karang Numpang beralamat di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Tiket masuknya hanya Rp 3.000. Tempat ini dibuka 24 jam.

9. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung (Foto: chitraachiet)

Sama seperti Curug Awang, air terjun ini juga berada di kawasan Geopark Ciletuh. Curug Cimarinjung memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Bukan hanya itu, curug ini juga menghadap ke Samudera Hindia.

Untuki menuju air terjun ini, kamu hanya perlu melalui jalan yang tersedia. Kamu tak perlu bingung soal jajanan karena terdapat warung-warung di sepanjang jalan. Setelah melalui jalan setapak, kamu perlu melewati tebing batu besar serta tangga.

Curug Cimarinjung terletak di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Harga tiketnya hanya Rp 3.000.

10. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja (Foto: tripturki_id)

Terakhir, kamu bisa berwisata ke tepi laut. Pantai Cimaja dikenal sebagai spot terbaik untuk berselancar. Hal itu tak lepas dari ombaknya yang memiliki tinggi hingga 4 meter. Terlebih, ombak-ombak di sana semakin ganas pada bulan Mei hingga Oktober atau November.

Bukan hanya cocok untuk berselancar, pantai ini juga cocok untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Pemandangan itu juga dilengkapi dengan ombak-ombak yang datang silih berganti. Oleh sebab itu, Pantai Cimaja cocok untukmu yang ingin menghindar sejenak dari rutinitas.

Pantai Cimaja beralamat di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Biaya tiketnya hanya Rp 5.000. Tempat ini dibuka selama 24 jam.

Penutup

Sukabumi adalah sebuah kota yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner, semuanya bisa kamu temukan di Sukabumi. Jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Sukabumi dengan pemandangan alam terkeren di atas. Selamat berwisata di Sukabumi!

BACA JUGA: Selain Pelabuhan Ratu, Ini 5 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Jalan-jalan ke Sukabumi

Written by Zari

Wisata Pantai Gatra di Malang, Raja Ampat nya Jawa Timur

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Tawangmangu Jawa Tengah