spot_img
spot_img
BerandaTravelWisata Pantai Gatra di Malang, Raja Ampat nya Jawa Timur

Wisata Pantai Gatra di Malang, Raja Ampat nya Jawa Timur

From Author

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh masyarakat, baik muda maupun tua. Mempunyai keindahan alam dan ciri khas sendiri membuat destinasi wisata pantai menjadi pilihan ketika liburan tiba.

Mengunjungi pantai bersama keluarga, teman, sahabat, maupun orang tersayang membuat waktu liburan sangat menyenangkan. Menikmati sejuknya udara di pantai, pemandangan alam yang khas, hingga bermain air.

Salah satu pantai yang mempunyai keindahan alam luar biasa adalah Pantai Gatra, Kabupaten Malang. Malang memang menjadi salah satu daerah yang mempunyai segudang wisata dengan keindahan yang berbeda, mulai wisata buatan hingga alam.

Terdapat beberapa pantai di sepanjang jalan Kabupaten Malang selatan, mulai dari Pantai Balekambang, Ungapan, Kondang Merak, Teluk Asmara, Tiga Warna, Gatra, dan lain sebagainya.

Dari beberapa pantai di atas, terdapat satu pantai yang wajib dikunjungi untuk melihat pemandangan luar biasa, yakni Pantai Gatra. Bahkan, banyak yang menyebutkan jika Pantai Gatra merupakan Raja Ampat Jawa Timur.

Berikut ini beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai Pantai Gatra, tentunya wajib dikunjungi ketika waktu libur tiba.

Mengenal Pantai Gatra

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai yang belum begitu terkenal di telinga para wisatawan. Hal ini menjadikan Pantai Gatra sebagai wisata hidden gem Kabupaten Malang. Namun, tentunya bagi masyarakat sekitar sudah tidak asing dengan tempat ini.

Pantai ini dikenal masyarakat sekitar karena ombak yang tidak terlalu besar akibat gugusan karang, sehingga bisa memecah ombak. Kondisi ini membuat wisatawan bisa menikmati dengan tenang.

Destinasi wisata ini masih sangat asri dan alami, menawarkan pasir putih, air laut biru yang cukup tenang, serta pepohonan hijau yang membuat sejuk ketika duduk di pinggiran pantai.

Perlu diketahui, Pantai Gatra masih termasuk ke dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation atau CMC bersama dengan Pantai Clungup dan Tiga Warna. Hal ini menjadikan wisatawan bisa melihat Mangrove sebelum menuju pantai.

Sebelum masuk ke pantai, wisatawan wajib untuk melaporkan barang bawaan yang akan didata oleh petugas. Semua barang yang dibawah wisatawan akan didata dengan tujuan agar menghindari sampah di area pantai. Setelah kembali dari lokasi, wisatawan kembali ke pos petugas untuk melaporkan barang bawaan tadi yang mana harus sesuai data. Jika terdapat barang yang tertinggal, wajib membayar denda sesuai jumlahnya.

Prosedur itulah yang menjadi keunikan sendiri di Pantai Gatra, sehingga tetap menjaga kebersihan lokasi yang membuat wisatawan semakin nyaman.

Wisata ini terdapat gugusan pulau karang kecil di tengah pantai yang menjadi pemecah ombak, sehingga ombak di pinggiran pantai tidak terlalu besar.

BACA JUGA: Refreshing ke Pantai Teluk Asmoro, Raja Ampat-nya Malang yang Nggak Kalah Indah

Harga Tiket Pantai Gatra

Wisatawan yang tertarik untuk datang ke destinasi wisata ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Berikut ini mengenai harga tiket Pantai Gatra, mulai tiket masuk hingga sewa fasilitas.

  • Tiket masuk : Rp 10.000
  • Sewa perahu karet : Rp 50.000
  • Sewa tenda : Rp 25.000
  • Sewa kano biasa : Rp 25.000
  • Sewa kano panjang : Rp 50.000
  • Tour guide : Rp 50.000 – Rp 100.000
  • Parkir motor : Rp 5.000 / unit
  • Parkir mobil : Rp 10.000 / unit
  • Denda sampah : Rp 100.000 / item

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu karena tergantung kebijakan pengelola pantai. Meski begitu, harga yang tertera di atas bisa kamu jadikan referensi sebelum berkunjung ke sini.

Jam Operasional

Pantai Gatra buka selama 24 jam untuk wisatawan yang camping di tempat ini. Akan tetapi, untuk loket masuk hanya buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Perlu diketahui, destinasi wisata ini tidak buka setiap hari antara Senin sampai Minggu. Melainkan, saat hari Kamis Pantai Gatra akan ditutup dengan tujuan agar kawasan ini bisa beristirahat dari wisatawan, sehingga keasrian alamnya masih terjaga dengan baik.

Lokasi Pantai Gatra

Pantai Gatra tepat terletak di kawasan Sendang Biru, Sitiarjo, Kabupaten Malang. Untuk jarak tempuh dari pusat kota sekitar 72 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam.

Ketika wisatawan datang ke lokasi ini, tidak hanya bisa menikmati Pantai Gatra saja. Melainkan juga bisa langsung menikmati keindahan alam Pantai Clungup karena memang satu jalur.

Daya Tarik Pantai Gatra

Pantai Gatra mempunyai daya tarik bagi wisatawan bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Selain keunikan mendata barang bawaan, tempat ini juga aktivitas yang menjadi daya tarik tersendiri.

Berikut ini mengenai daya tarik Pantai Gatra yang wajib diketahu, marilah kita bahas satu per satu!

Kawasan Konservasi

Perlu diketahui bahwa Pantai Gatra termasuk ke dalam kawasan konservasi yang dilindungi. Inilah yang membuat wisatawan tidak boleh membuang sampah sembarang sembarangan di area pantai, sehingga dilakukan pendataan barang bawaan.

Wisatawan juga bisa melihat kawasan Mangrove yang masih alami dan tentunya menawarkan pesona alam luar biasa indah.

BACA JUGA: Menikmati Suasana Pantai yang Eksotis di Watu Karung Pacitan, Cocok Buat Surfing

Air Jernih dan Tenang

Pantai Gatra mempunyai air yang tenang karena terdapat pulau karang kecil yang memecah ombak. Hal ini yang membuat wisatawan tertarik untuk datang dan bisa bermain air di sekitar pantai.

Selain itu, Pantai Gatra juga mempunyai air yang sangat jernih dan tidak ada sampah. Air di pantai ini berwarna putih kebiruan, sehingga pesonanya sangat cantik.

Pesona Pantai yang Masih Alami

Daya tarik yang utama ditawarkan di Pantai Gatra ini adalah pesona pantai yang masih asri dan alami. Ketika wisatawan sudah sampai, akan disuguhkan dengan pesona pantai pasir putih dan batu karang besar di tengah pantai.

Batu karang Pantai Gatra merupakan daya tarik utama bagi wisatawan. Dilengkapi dengan pepohonan hijau di area pinggir pantai, membuat tempat ini menyajikan suasana yang sejuk. Ditambah semilir angin, membuat wisatawan semakin nyaman disini.

Bermain Kano

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola, mulai dari kano dan perahu karet membuat wisatawan bisa menikmati air laut dengan menyewanya. Tentunya dengan didampingi oleh pihak penjaga bagi wisatawan yang belum profesional.

Kano yang disediakan pun terdapat dua jenis, yaitu kano biasa dan panjang. Wisatawan bisa menggunakan kano ini untuk mengelilingi kawasan dengan menikmati pesona alam pantai luar biasa.

Bagi wisatawan yang menyewa kano, juga dilengkapi dengan pelampung untuk menjaga keselamatan.

Camping di area Pantai

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pantai sampai malam hari tiba, Pantai Gatra bisa menjadi tempat camping. Keadaan pantai yang masih tergolong sepi membuat wisatawan semakin bisa menikmati keindahan alam sampai malam hari.

Bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise bersama orang tersayang ketika memilih untuk camping di sini. Bahkan, pihak pengelola juga sudah menyediakan peralatan camping, sehingga wisatawan tidak perlu repot membawa dari rumah.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai Pantai Gatra yang menjadi destinasi wisata hidden gem Kabupaten Malang dengan menawarkan pesona alam luar biasa. Oleh karena itu, pantai ini bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga maupun teman.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

Latest Article

Dampak CrowdStrike, Komputer Perlu Waktu Beberapa Minggu untuk Pulih Kembali

Kamu tahu nggak sih, ada kejadian besar yang baru-baru ini mengguncang dunia teknologi? Sekitar 8,5 juta komputer yang menggunakan...

More Articles Like This