Tempat Wisata Pantai Ngudel, Surga Tersembunyi di Malang

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi masyarakat, baik dari kalangan muda maupun tua. Wisata alam ini memang menjadi salah satu destinasi yang populer di Indonesia.

Apalagi, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan, sehingga mempunyai banyak pantai yang bisa menjadi destinasi liburan masyarakat. Bahkan, setiap provinsi di Indonesia terdapat beberapa pantai yang bisa dikunjungi dengan ciri khas dan daya tarik masing-masing.

Salah satunya yaitu di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai daerah dengan destinasi wisata pantai luar biasa. Mulai dari Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Banyuwangi, Pacitan dan lain sebagainya yang menjadi salah satu daerah dengan destinasi wisata pantai terbaik di Indonesia.

Namun, ada salah satu pantai tersembunyi yang wajib di kunjungi ketika datang ke Kabupaten Malang, yakni Pantai Ngudel.

Perlu diketahui bahwa Pantai Ngudel menjadi salah satu pantai yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Pantai ini mulai didengar masyarakat ketika proyek jalur lintas selatan pada 2016 sudah selesai dibuat. Akibat proyek tersebut, pantai ini juga mulai tersebar di media sosial.

BACA JUGA: 5 Pemandian Alami di Malang dengan Air Sebening Kaca, Bisa Buat Snorkeling Juga Lho

Sekilas Tentang Pantai Ngudel

Pantai Ngudel merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malang yang secara langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Hal ini menjadikan pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar.

Meski begitu, pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang jauh dibandingkan pantai lainnya. Padahal, Pantai Ngudel mempunyai daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang luar biasa ditambah dengan pasir putih kecoklatan yang sangat bersih. Dengan wisatawan yang jarang datang ke sini membuat tempat ini masih sangat terjaga keasriannya.

Warna laut yang berwarna biru kehijauan menambah kesan estetik untuk mengabadikan momen. Bahkan, terkadang pantai ini menawarkan laut berwarna pink.

Pantai Ngudel juga sangat cocok digunakan untuk berselancar, namun tentunya tidak disarankan sampai ke tengah lautan. Selain itu, terdapat tumbuhan vegetasi hijau yang tumbuh di atas bukit karang.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan dan pemandangan alam Pantai Ngudel, tentunya wisatawan perlu mengeluarkan biaya sebagai tiket masuk. Akan tetapi, wisatawan tidak perlu khawatir karena pihak pengelola hanya mematok harga sebesar Rp 15.000 / orang.

Dengan harga yang masih cenderung murah, membuat wisatawan yang datang ke sini selalu ingin kembali lagi. Bahkan, jika wisatawan yang datang ke sini rombongan, maka akan diberikan diskon untuk tiket masuknya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ngudel

Pantai Ngudel ini tepat terletak di Desa Sindurejo, Gedangan, Kabupaten Malang. Jarak dari pusat Kota Malang ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 4 jam tergantung macet atau tidak.

Perlu diketahui, pantai ini dekat dengan Pantai Nganteb yang tentunya rute menuju tempat ini juga hampir sama. Perjalanan bisa dimulai dari pusat Kota Malang menuju Gadang. Kemudian bisa lanjut ke Turen dan menuju ke Sumbermanjing hingga sampai jalur lintas selatan.

Untuk sampai ke tempat ini, sudah ada petunjuk arah mengenai pantai di sepanjang jalan Malang Selatan. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu khawatir untuk datang ke pantai ini.

BACA JUGA: Di 5 Destinasi Wisata Malang Ini, Kamu Bakal Merasa Seperti di Luar Negeri

Jam Operasional

Bagi wisatawan yang mau datang ke sini, perlu diperhatikan mengenai jam operasionalnya. Tidak hanya ke Pantai Ngudel, melainkan semua destinasi wisata.

Akan tetapi, untuk jadwal operasional Pantai Ngudel buka setiap hari selama 24 jam, termasuk hari libur biasa dan nasional. Hal ini menjadikan wisatawan bebas datang jam berapapun.

Namun, wisatawan dianjurkan untuk datang saat pagi maupun sore hari untuk mendapatkan momen terbaik. Dengan datang saat pagi maupun sore hari, wisatawan dapat melihat sunset dan sunrise.

Daya Tarik Pantai Ngudel

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, Pantai Ngudel mempunyai daya tarik tersendiri. Daya tarik yang memikat hati para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Berikut ini, terdapat beberapa daya tarik luar biasa yang membuat wisatawan semakin betah dan nyaman untuk berlibur ke sini.

Camping di Area Pantai Ngudel

Perlu diketahui, Pantai Ngudel menyediakan tempat camping bagi wisatawan yang ingin menginap di sini untuk menikmati suasana malam hari. Di sekitar pantai, terdapat kawasan hutan pinus yang bisa dijadikan tempat camping.

Kawasan hutan pinus tersebut lebih aman dari terjangan ombak, sehingga cocok untuk dijadikan tempat camping wisatawan. Suasana yang dingin dan sejuk menambah kesan tersendiri bagi wisatawan.

Namun, ketika camping wajib untuk membawa sampahnya keluar lokasi agar pantai masih terjaga kebersihannya. Bahkan, untuk menemani wisatawan yang camping juga tersedia warung yang menjual beberapa makanan dan minuman.

Menikmati Sunset

Ketika sore hari telah tiba, wisatawan bisa menikmati indahnya sunset di Pantai Ngudel. Langit yang awalnya berwarna biru perlahan akan berubah menjadi orange seiring matahari mulai tenggelam. Langit di atas pantai ini sangat terlihat sangat indah dan cantik.

Wisatawan bisa mengabadikan momen sunset bersama keluarga maupun pasangan. Dengan background sunset akan menambah kesan estetik dan cantik dari gambar yang dihasilkan.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

Memancing

Sebenarnya, di Pantai Ngudel ini terdapat anjuran untuk tidak berenang karena mempunyai ombak cukup besar. Meski begitu, wisatawan bisa menikmati air dengan memancing di sekitar area pantai.

Untuk bisa menikmati pemandangan sambil memancing, sebaiknya berada di sekitar batu karang karena bisa digunakan untuk duduk sambil menunggu hasil yang didapatkan. Apalagi, sekitar batu karang menjadi spot terbaik untuk memancing.

Hunting Foto

Daya tarik yang luar biasa di pantai ini adalah wisatawan bisa mengabadikan momen di berbagai spot terbaik sekitar pantai. Wisatawan bisa memotret gambar atau video karena pemandangan alam yang sangat cantik di tempat ini.

Apalagi, pasir putih dan laut berwarna biru menambah kesan cantik ketika difoto. Para wisatawan bisa membawa kamera DSLR untuk mendapatkan hasil gambar dan video lebih sempurna.

Selain berfoto di area pantai, wisatawan bisa mengabadikan foto di kawasan hutan pinus. Bahkan, untuk mendapatkan hasil terbaik, juga bisa berfoto di sekitar batu karang yang berbentuk segitiga.

Fasilitas yang disediakan

Pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas dengan tujuan untuk menambah rasa nyaman dan betah bagi para wisatawan. Pertama, terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman sekitar area pantai.

Wisatawan yang lapar atau haus bisa datang ke warung sekitar lokasi karena menyediakan beberapa jenis makanan dan minuman khas Malang. Selain itu, juga disediakan makanan seafood yang sangat enak. Beberapa makanan dan minuman di sini harganya juga masih tergolong murah.

Kedua, fasilitas yang disediakan yaitu area parkir yang sangat luas dan terdapat petugas yang sering membantu merapikan kendaraan wisatawan.

Ketiga, terdapat fasilitas yang paling utama yaitu toilet. Toilet merupakan tempat yang sangat fatal dan harus ada di tempat wisata manapun. Apalagi, destinasi wisata ini berkaitan dengan air yang tentu wisatawan akan membutuhkan toilet untuk membersihkan tubuhnya setelah bermain air laut.

Terakhir, di pantai ini juga disediakan mushola yang memudahkan wisatawan muslim untuk beribadah meskipun sedang berlibur. Mereka bisa langsung beribadah setelah mendengar suara adzan.

Penutup

Bagaimana, tertarik mengunjungi pantai ini bukan? Pantai Ngudel bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika hari libur tiba. Baik sekedar untuk rekreasi maupun menghilangkan rasa stress akibat pekerjaan yang menumpuk. Hal ini dikarenakan, Pantai Ngudel merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi di Kabupaten Malang yang menawarkan pemandangan dan pesona alam luar biasa.

BACA JUGA: Wisata Pantai Gatra di Malang, Raja Ampat nya Jawa Timur

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

5 Tips Terbaru Dapatkan Uang dari TikTok 2023

Rekomendasi HP Samsung Harga Dibawah 2 Jutaan