Budug Asu Malang, Bukit Cantik Cocok bagi Pendaki Pemula

Foto: kiri IG @aanflabber, tengah IG @ madd.mahdi, kanan IG @revanzahma_

Berbicara mengenai destinasi wisata yang ada di Malang, serasa tidak ada habisnya. Memiliki wilayah yang luas dengan beragam kontur alam berupa pegunungan, perbukitan, hingga pesisir pantai membuat Malang memiliki wisata alam yang lengkap mulai dari air terjun, gunung, perbukitan, danau, hingga pantai. 

Salah satu tempat wisata alam Malang yang sedang populer adalah Budug Asu. Budug Asu merupakan bukit yang terletak di lereng Gunung Arjuna. Mungkin, mendengar namanya saja terasa asing di telinga. Namun, siapa sangka bahwa Budug Asu memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata ini, berikut informasi lengkap mengenai destinasi wisata Budug Asu di Malang Jawa Timur.

Sekilas tentang Budug Asu Malang

Tak hanya terkenal dengan deretan pantai yang mempesona, Malang ternyata juga memiliki keindahan alam lain yang tersembunyi yaitu Budug Asu. Masyarakat menamai bukit ini dengan nama Bodog Asu, namun banyak wisatawan yang menyebutnya dengan nama Budug Asu.

Kawasan wisata ini belum banyak dikenal di mata wisatawan. Letaknya yang jauh dari kota dan tidak terlalu terkenal membuat tempat ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Dulunya wisatawan yang berkunjung ke Budug Asu hanya menggunakan motor cross atau offroader untuk menuju lokasi. Tetapi, seiring berjalannya waktu karena banyak offroader yang datang dan mempublikasikan keindahan alam tempat ini banyak wisatawan yang berkunjung baik dengan offroad ataupun berjalan kaki atau hiking.

BACA JUGA: Di 5 Destinasi Wisata Malang Ini, Kamu Bakal Merasa Seperti di Luar Negeri

Daya Tarik Budug Asu

Budug Asu memiliki ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus melakukan hiking selama 2 hingga 3 jam. Meskipun harus berjuang keras untuk mencapai puncak, Anda tidak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona. 

Pertama, Anda akan melewati hamparan perkebunan teh yang indah, jangan lupa untuk mengabadikan momen ya. Kedua, perjalanan Anda tidak akan terasa karena selain perkebunan teh Anda juga akan melewati perkebunan kopi yang mungkin jarang Anda temui sebelumnya. Tak hanya itu, di perjalanan Anda akan melalui hutan pinus dengan pohon yang menjulang tinggi dengan udara sejuk dan suasana rindang. Pemandangan yang memukau membuat perjalanan Anda tidak terasa melelahkan.

Menikmati Pemandangan Memukau dari Atas Bukit

Budug Asu (Foto: @zidan.bariqli)

Perjalanan untuk mencapai puncak mungkin akan menguras tenaga karena harus melewati medan yang cukup terjal. Ditambah lagi bila Anda memilih hiking, lama perjalanan bisa mencapai 2-3 jam. Tentu Anda akan merasa lelah, namun perjalanan harus tetap dilanjutkan hingga sampai puncak.

Sesampainya di puncak, rasa lelah dan penat yang Anda rasakan akan terbayar lunas dengan melihat indahnya pemandangan alam yang membentang. Di atas bukit setinggi 2.000 mdpl ini Anda bisa melihat pesona keindahan alam dari segala penjuru yang dapat membuat pikiran menjadi fresh dan rileks.

Dari puncak Budug Asu, Anda dapat menikmati suguhan keindahan alam yang luar biasa, di sebelah utara berupa Gunung Arjuno. Di sebelah timur pemandangan yang tak kalah mempesona berupa kebun teh yang membentang luas dan indahnya pemandangan puncak Mahameru pun dapat terlihat. Di sebelah selatan nampak kecantikan Gunung Panderman dan keindahan Kota Batu dari ketinggian.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

Offroad Menantang

Budug Asu (Foto: wahyusatrioutomo)

Bagi yang tidak terlalu suka hiking, bisa menuju lokasi wisata Budug Asu dengan cara offroad menggunakan motor trail atau mobil jeep. Sebenarnya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi, tidak harus menggunakan motor trail atau mobil jeep. Tetapi, mengingat kondisi medan yang cukup ekstrim dengan jalan berupa tanah yang becek ketika musim hujan, sebaiknya Anda menggunakan motor trail agar lebih aman dan nyaman.

Untuk rute perjalanan offroad dapat melalui Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Songsong Singosari. Anda harus melewati trek kurang lebih 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Bagi pecinta gowes bisa melewati rute ini menggunakan sepeda gunung, hanya saja waktu tempuhnya jelas akan lebih lama.

Camping Seru untuk Melihat Sunrise

Budug Asu (Foto: rimbatamacamp.rent)

Camping merupakan kegiatan yang banyak digemari para pendaki yang berkunjung ke Budug Asu. Meskipun berkemah merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh para pendaki, namun berkemah di Budug Asu akan memberi kesan dan nuansa keindahan alam berbeda yang tak terlupakan.

Saat camping di Budug Asu, Anda bisa menikmati udara yang sejuk serta pemandangan yang tak bosan untuk dipandang. Keesokan harinya, Anda bisa melihat indahnya sunrise yang memukau. Dari puncak Budug Asu matahari akan terbit perlahan dari balik pegunungan Bromo dan Semeru. Sungguh pemandangan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, tentu akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi Anda.

BACA JUGA: Wisata Pantai Gatra di Malang, Raja Ampat nya Jawa Timur

Harga Tiket Masuk

Untuk mencapai lokasi tentunya Anda perlu mengeluarkan biaya. Namun tidak usah khawatir karena harga tiket untuk menuju Budug Asu tidaklah mahal dan masih terjangkau untuk kantong Anda. 

  • Tiket masuk dengan motor cross & untuk pendaki: Rp. 10.000,-
  • Tiket masuk dengan mobil jeep: Rp 25.000,-
  • Parkir motor: Rp 5.000,-
  • Parkir mobil: Rp 10.000,-
  • Parkir bagi pendaki yang menginap: Rp 20.000,-

Jam Operasional

Kawasan wisata ini buka selama 24 jam, jadi pengunjung bebas jika ingin melakukan hiking kapanpun baik di pagi, siang, ataupun malam hari. Namun selama perjalanan menuju lokasi, pengunjung dihimbau untuk selalu berhati-hati mengingat medan yang cukup terjal.

Fasilitas 

Sesampainya di puncak, terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan. Budug Asu memiliki sebuah gardu pandang yang menjadi tempat wajib untuk Anda datangi sesampainya di puncak. Garda pandang tersebut memiliki bentuk yang unik yang menjadi ikon khas yaitu berbentuk kepala serigala. Jangan lupa mengabadikan foto sebagai kenang-kenangan. Selain garda pandang, terdapat toilet jika Anda membutuhkannya. Jika Anda yang merasa haus atau lapar tidak perlu khawatir, karena di puncak terdapat warung untuk membeli makanan. Namun, warung tersebut hanya buka sampai sore hari, selain itu untuk mengantisipasi warung tutup sebaiknya Anda juga membawa bekal dari rumah.

Lokasi Budug Asu

Wisata alam Budug Asu ini berada di Kreweh, Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan maps atau mengikuti petunjuk arah yang tersedia.

Rute menuju Budug Asu

Tempat wisata ini belum diketahui banyak orang karena awalnya jalur menuju puncak hanya dilalui oleh para offroader dan pecinta motor cross. Maka dari itu untuk menuju lokasi Anda harus melalui perjalanan dengan track khas motocross dan offroad.

Jalan menuju bukit ini sangat menantang karena belum beraspal, ada yang berlumpur, jalan bebatuan, dan juga licin. Jadi jika Anda ingin menikmati suasana alam asri Budug Asu sebaiknya menggunakan sepeda motor yang sesuai atau bagi yang suka mendaki bisa melakukan hiking untuk menuju lokasi sembari menikmati udara segar serta keindahan alamnya. 

Penutup

Itu tadi informasi terkait objek wisata Budug Asu di Malang, Jawa Timur. Panorama alamnya yang menakjubkan tentu akan membuat pengalaman yang berkesan dan tak mudah untuk dilupakan. Jadi tunggu apalagi, bagi Anda yang tertarik silahkan berkunjung ke Budug Asu untuk menikmati keindahan alamnya yang luar biasa.

BACA JUGA: Tempat Wisata Pantai Ngudel, Surga Tersembunyi di Malang

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

8 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Banyuwangi Tahun 2023

6 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Snack Video