Inilah Museum Paling Ramah Lingkungan Sedunia


Jika biasanya bangunan museum bermodel klasik, namun museum yang satu ini dikemas dalam arsitektur yang moderen dan penuh dengan tanaman. Natural History Museum memang bergelar sebagai museum paling hijau dan ramah lingkungan sedunia.

Museum ini terdiri dari empat lantai. Museum yang berlokasi di San Fransisco, California ini dirancang oleh arsitek terkemuka Renzo Piano dari Italia. Dilansir melalui situs resminya, bangunan museum ini memang didirikan bukan hanya untuk menjadi sarana penelitian keanekaragaman hayati, tetapi juga bertujuan untuk mendekatkan pengunjung pada habitat alam di museum tersebut.

Dari luar, bentuk bangunannya menyerupai taman dengan dua buah bukit hijau kecil. Kedua bukit tersebut merupakan atap bangunan museum yang menjadi rumah bagi 1,7 juta populasi tanaman. Masing-masing ‘bukit’ memiliki diameter 30 meter dan diatantara keduanya diletakkan dinding kaca berbentuk kubah setinggi 12 meter.

Satu kubah mewadahi planetarium, sementara kubah lainnya mewadahi hutan hujan yang terdiri dari empat lantai.  Tak hanya tanaman, museum ini juga dipenuhi oleh keanekaragaman laut yang berlokasi di lantai bawah tanah.

Faktor ramah lingkungan lainnya datang dari sistem energi yang diterapkan. Sebuah kanopi yang mampu menampung 60 ribu sel solar dipasang menaungi atap dan ditutupi rerumputan.Selain itu, struktur kerangka baja yang digunakan dapat didaur ulang.

Berkat seluruh model desain dan sistem tersebut, bangunan ini memperoleh sertifikasi tertinggi yakni Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Platinum dari US Green Building Council. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak