Turunkan Tekanan Darah? Gunakan Minyak Zaitun dan Sayuran


Mengonsumsi minyak zaitun dan sayuran ternyata dapat mengurani tekanan darah dalam tubuh. Lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun ditambah reaksi senyawa yang ada dalam sayuran akan membentuk senyawa ketiga yang membantu mengurangi tekanan darah.

Dikutip liputan6.com (Rabu, 21/5/2014), saat minyak zaitun dan sayuran dicerna bersama-sama ke dalam tubuh, perut menyediakan lingkungan untuk asam lemak yang bereaksi dengan senyawa nitrogen pada sayuran, kemudian akan menghasilkan senyawa yang bernama asam lemak nitro.

Para peneliti menggunakan tikus sebagai bahan percobaan untuk menyelidiki bagaimana asam lemak nitro bisa menyebabkan berkurangnya tekanan darah. Hewan ini diberi minyak zaitun dengan asam lemak omega-6 bersama dengan natrium nitrit, untuk meniru komponen dari diet Mediterania yang berlanngsung selama lima hari. Hasilnya mengejutkan, diet bisa meningkatkan asam lemak nitro pada tikus dan menurunkan tekanan darah pada tikus tersebut. Pada diet mediterania para pelaku mengonsumsi lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun yang kaya nitrogen.

Penelitian yang dicantumkan pada Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini mengatakan asam lemak nitro sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Asam ini terbukti membuat rileks pembuluh darah dan mengurangi peradangan.(dea)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak