Anda Mendengkur Saat Tidur? Ini Penyebabnya


Dengkuran memang dianggap sebagai hal yang sangat mengganggu saat tidur. Apalagi jika Anda tidak tidur sendirian. Bisa jadi teman menginap atau istri Anda merasa terganggu dengan dengkuran Anda dan akhirnya membuat mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak. Penyebab utama orang tidur mendengkur adalah ada getaran struktur pernapasan pada saluran napas atas saat Anda bernafas di kala tidur. Hal ini terjadi terutama ketika udara tidak bisa bergerak bebas melalui hidung dan mulut. Selain itu, ada juga penyebab lainnya. Berikut adalah penyebab terjadinya dengkuran, dilansir dari healthmeup.com, Kamis (10/7/2014).

1. Alergi hidung atau sinus

Banyak orang mendengkur karena mereka kedinginan dan mereka terserang penyakit sinus atau infeksi hidung. Infeksi ini akan menyebabkan penyumbatan pada saluran udara yang membuat sirkulasi pernafasan menjadi kurang lancar sehingga menimbulkan dengkuran pada ruang kosong yang ada di tenggorokan.

2. Anatomi fisik

Orang dengan tenggorokan sempit, adenoid besar atau mungkin bentuk bibir yang kurang sempurna akan cenderung mendengkur saat tidur. Pria cenderung memiliki saluran pernafasan yang lebih sempit daripada wanita dan inilah yang menjadi sebab mengapa pria lebih sering mendengkur daripada wanita.

3. Usia

Orang yang berusia lanjut akan lebih sering mendengkur dibandingkan dengan orang yang usianya masih muda. Penyebabnya adalah ketika manusia beranjak semakin tua, tenggorokan akan semakin sempit dan otot di dalamnya juga akan menurun.

4. Berat Badan

Orang gemuk cenderung memiliki jaringan tenggorokan yang besarnya berpengaruh terhadap kebiasaan mendengkur saat tidur. Inilah yang menjadi alasan mengapa orang gemuk cenderung lebih sering mendengkur.

5. Kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan kurang sehat seperti merokok akan melemaskan otot tenggorokan dan juga menghalangi jalannya pernafasan. Karena itu, perokok akan lebih sering mendengkur jika dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak