5 Fakta Unik Mengenai Tertawa


Tertawa selain bisa menghilangkan stres, ternyata memiliki beberapa manfaat lain. Berikut adalah 6 fakta unik mengenai tertawa yang mungkin belum Anda ketahui, dilansir dari womenshealthmag.com, Kamis (17/7/2014).

1. Tertawa dapat membakar kalori

Saat tertawa, denyut nadi Anda meningkat hingga 10-20%, karena itu, Anda dapat membakar 10-40 kalori lebih banyak jika Anda tertawa 10-15 menit dalam sehari. Memang tidak terlalu banyak, tetapi fakta ini bisa memotivasi Anda untuk tertawa sebagai ganti dari diet yang biasa Anda lakukan.

2. Ada gerakan tertawa dalam yoga

Bagi anda yang belum pernah melakukan yoga, mungkin agak terkejut dengan fakta ini. Gerakan tertawa ternyata masuk ke dalam salah satu gerakan yoga. Dalam yoga, gerakan tertawa dilakukan dengan mengambil nafas dalam-dalam dan bertujuan agar oksigen menyebar dalam tubuh dan otak. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih sehat dan berenergi.

3. Tertawa membuat Anda lebih kebal dari rasa sakit

Kini Anda tidak perlu repot-repot mencari obat jika Anda merasakan sakit pada salah satu bagian tubuh Anda. Hormon endorphin yang diproduksi pada saat Anda tertawa bahagia akan membuat Anda akan lebih kebal terhadap rasa sakit, dan hal itu membuat rasa sakit yang Anda rasakan menjadi sedikit berkurang.

4. Tertawa dapat membuat asma kambuh

Jika sebelumnya dibahas mengenai manfaat dari tertawa, kini kita akan membahas mengenai sisi negatif dari tertawa. 31,9% dari anak yang mengalami asma mengawali gejalanya dengan tertawa. Ternyata tertawa juga merupakan salah satu pemicu gejala penyakit ini untuk kambuh.

5. Tertawa membantu pembuluh darah bekerja lebih baik

Sebuah penelitian di London membuktikan bahwa jika seseorang memaksakan untuk tertawa, ada bagian pada otak pendengarnya yang secara spontan berusaha mengetahui apa yang sebenarnya mereka rasakan.

Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, kini Anda bisa memilih tertawa sebagai solusi menyenangkan untuk kesehatan Anda, dengan taraf wajar tentunya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak