Mencicipi Sayur Lebui khas Lombok


Kuliner khas daerah atau tradisional sudah tergerus keberadaannya seiring banyak masuknya makanan-makanan modern dari luar negeri. Padahal menjaga keaslian kuliner khas daerah merupakan hal penting, agar negara kita selalu memiliki ciri khasnya sendiri.

Jika Anda datang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, mampirlah untuk mencicipi masakan khas kampung yang bernama sayur lebui.

Dikutip dariĀ Viva (Selasa, 9/12/2014), sayur ini merupakan sayur yang berbahan dasar kedelai hitam yang merupakan resep asli khas Lombok. Bagi masyarakat sekitar, keberadaan sayur lebui sudah tidak asing lagi. Bahkan nama sayur lebui sering diplesetkan menjadi “sayur lebai”.

Sayur lebui menawarkan sensasi lezat dan nikmat ketika pertama kali mencobanya. Apalagi jika disajikan dengan sepiring nasi hangat, sayur lebui akan terasa sangat lezat. Namun jika berasa kurang, Anda bisa menambahkan dengan lauk pauk lainnya seperti ayam atau ikan.

Kalau Anda mencari menu tradisional yang satu ini terlalu sulit, karena hampir setiap rumah makan dan warung lesehan menyajikan menu sayur lebui ini. Membuat sayur lebui ini tidaklah sulit. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di warung-warung atau pasar tradisional. Bahannya antara lain kedelai hitam, lengkuas, kunyit, cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi.

Untuk menambah kekayaan rasa, bisa juga ditambahkan daun kemangi, sawi putih, sesuai selera Anda.

Kedelai hitam pertama-tama direbus terlebih dahulu hingga menjadi lunak. Bumbu-bumbu kemudian dihaludkan dan ditumis setelah itu dimasukkan ke dalam rebusan kedelai yang telah lunak, campuran sayur bisa juga turut dimasukkan.

Sayur ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan stamina dan mempunyai kandungan gizi seimbang yang baik untuk tubuh.

Silahkan berkunjung ke Lombok untuk merasakan langsung nikmatnya sayur lebui ini. Harganya yang murah dan banyak manfaat membuat sayur yang satu ini begitu digemari.(Dea)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak