Belajar Membuka Usaha Kafe Sederhana


Menitih kesuksesan harus bisa kamu rangkai semenjak masih muda. Jangan sampai kamu menyesal di hari tua karena tidak menggunakan masa mudamu dengan baik. Jangan khawatir mengenai modal, karena masih berjiwa muda dan kreatif, kamu harus bisa menyiasati keadaan tersebut. Dikutip dari hipwee.com berikut adalah cara kamu untuk belajar membuka kafe sederhana meskipun modal sedikt:

1. Manfaatkan teras rumahmu

Karena kamu belum memiliki modal yang besar, kamu bisa memanfaatkan teras rumahmu sebagai lahan untuk membuka usaha kafe kecil-kecilanmu. Kamu bisa memikirkan bagaimana dan seperti apa konsep kafemu. Konsep dari kafe akan sangat berpengaruh pada kebutuhan yang akan dibelinya nanti. Dengan menggunakan teras rumah sebagai lahan pertama pendirian kafemu, kamu bisa menekan setengah dari modal yang harus kamu keluarkan.

2. Pinjam peralatan dari rumah

Sama halnya dengan memanfaatkan teras rumah, daripada kamu harus membeli berbagai peralatan dapur yang baru, kamu bisa saja merayu mama dan meminjam perkakas dapurnya untuk kamu gunakan dalam usaha kecil-kecilanmu. Setelah usahamu sukses, kamu bisa gantikan semua peralatan dapur mamamu yang sudah kamu pinjam.

3. Tekan budget seminimal mungkin

Bagaimana caranya menekan budget untuk memulai usaha barumu? Misalnya kamu bisa menggunakan piring rotan untuk menyajikan makanan ke pelangganmu. Daripada kamu menggunakan piring beling atau keramik, selain harganya mahal, biaya yang harus kamu keluarkan jika menggunakan piring beling atau keramik untuk menyajikan makanan ke pelanganmu, juga banyak. Kamu harus mengeluarkan biaya listrik dan air untuk mencuci piringnya, juga biaya tenaga pencuci piring tersebut.

4. Konsep lesehan

Hal ini bisa kamu gunakan, karena mahalnya harga satu set meja dan kursi, maka konsep lesehan bisa kamu jadikan sebagai alternatif pilihan bagi usaha kafe sederhanamu. Untuk membuat pelangganmu lebih nyaman, cukup sediakan bantal untuk duduk konsumenmu.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak