Berbagai Macam Aliran Lukisan dan Contohnya

Beberapa aliran lukisan berikut ini, memiliki karakter kuat tentang siapa pembuat lukisannya

Aliran lukisan
Ilustrasi aliran lukisan (Foto: Pexels)

Karya seni berupa lukisan, baik yang dibuat dengan cat air atau cat minyak, memiliki beberapa aliran, dan masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah berbagai macam aliran lukisan serta contoh lukisannya.

1. Surrealisme

Surrealisme (Carajuki)
Surrealisme (Carajuki)

Surrealisme merupakan aliran seni lukis yang sebagian hasil karyanya menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di alam mimpi yang sebenarnya merupakan bentuk dari alam bawah sadar manusia. Karena itulah biasanya lukisan ini memiliki gambaran yang tidak begitu jelas. Dalam kata lain, pelukis berusaha untuk menuangkan semua imajinasinya dan membebaskan fikirannya dari hal-hal yang sudah logis atau bahkan mainstream yang kemudian diaplikasikan pada semua objek yang ia kehendaki. Jarang ada orang yang bisa memahami maksud dari lukisan tersebut. Salah seorang tokoh yang paling terkenal dalam aliran ini adalah Salvador Dali.

2. Kubisme

Kubisme (Carajuki)
Kubisme (Carajuki)

Kubisme merupakan aliran seni lukis yang lebih cenderung melakukan abstraksi suatu objek ke dalam macam-macam bentuk geometri demi mendapatkan sensasi tertentu. Salah seorang tokoh yang paling terkenal dalam aliran ini adalah Pablo Picasso.

3. Romantisme

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.