5 Fakta Unik Santa Claus


Hari Raya Natal identik dengan sosok bernama Santa Claus. Santa Claus digambarkan sebagai sosok bapakâ??bapak gendut dengan baju merah, janggut tebal berwarna putih serta mengendarai kereta rusa kutub membagikan hadiah kepada anakâ??anak kecil yang baik ketika malam Natal.

Santa Claus sangatlah terkenal menjelang Natal, dari pajangannya, bonekanya, semuanya menghiasi berbagai rumah, mal dan juga masih menjadi pengharapan bagi banyak orang di dunia ini. Dilansir dari Bajubangkokcom, Jumat (25/12/2015), berikut adalah 5 fakta unik tentang Santa Claus.

1. Inspirasi Santa Claus

Santo Nikolas (Getty Images)
Santo Nikolas (Getty Images)

Sosok Santa Claus sebenarnya hanya tokoh khayalan. Sosok Santa Claus sebenarnya terinspirasi dari seorang uskup gereja Katolik bernama Saint Nicholas. Sosok asli Santa Claus ini sebenarnya kurus tinggi dan berwibawa, serta memakai jubah berwarna hijau-biru-putih.

2. Asal Santa Claus

Santa Claus promosi Coca Cola (Coca-Cola-Art)
Santa Claus promosi Coca Cola (Coca-Cola-Art)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sosok Santa Claus hanyalah tokoh khayalan. Santa Claus dengan baju merah dan berpostur gendut adalah imej gambaran perusahaan Coca Cola dulu untuk merayakan Natal, dan warna merah Santa Claus diambil dari warna logo perusahaan Coca Cola. Akan tetapi malah imej Santa itulah yang terkenal sampai sekarang.

3. Santa Claus punya kakak

Iluastrasi Fred Claus (Playbuzz)
Iluastrasi Fred Claus (Playbuzz)

Menurut ceritanya, Santa Claus memiliki seorang kakak kandung bernama Fred Claus. Diceritakan Fred Claus merupakan sosok kakak yang baik, akan tetapi lambat laun dia iri dengan Santa Claus, karena semua orang lebih menyukai Santa Claus, dan akhirnya Fred Claus memutuskan menjadi anak nakal yang merusak kebahagian Natal. Akan tetapi, Santa tetaplah memberikan hadiah untuknya, hadiah yana sangat amat berarti baginya hingga  akhirnya Fred menjadi baik kembali. Bahkan Fred pernah menggantikan Santa Claus, ketika Santa sedang sakit dan tidak bisa membagikan hadiah pada malam Natal.

4. Kenapa Santa Claus masuk melalui cerobong asap?

Santa Claus di cerobong asap (Wallpapermania)
Santa Claus di cerobong asap (Wallpapermania)

Sosok Santa yang membagikan hadiah lewat cerobong asap juga terinspirasi dari Saint Nicholas. Dulu Saint Nicholas pernah membantu 3 orang wanita yang hendak dijual, lalu beliau memberikan uang kepada ketiga wanita itu agar bisa terbebas melalui cerobong asap. Dan hal itulah yang menjadikan image Santa Claus memberikan hadiah melalui cerobong asap.

5. Santa Claus tak selalu memberikan hadiah sesuai keinginan

Santa Claus bawa hadiah (Huffingtonpost)
Santa Claus bawa hadiah (Huffingtonpost)

Menurut ceritanya, Santa Claus tinggal di Kutub Utara dan ia selalu mendengar hadiah apa yang kamu inginkan. Akan tetapi kadang hadiahnya tidak sesuai dengan permohonanmu, karena yang ia berikan adalah yang terbaik yang sebenarnya lebih kamu butuhkan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak