Tak Pernah Sekolah, 5 Sutradara Ini Berhasil Telurkan Film Box Office


Untuk beberapa orang yang ingin menjadi filmmaker handal, sekolah adalah cara terbaik agar dapat mencapai mimpi tersebut. Mengenyam pendidikan formal dan bergelut di dunia akademisi tentang perfilman tak jarang dianggap sebagai jalan utama menjadi filmmaker profesional. Namun siapa sangka, banyak sutradara terkenal yang ternyata tak pernah mengenyam pendidikan film secara formal. Berikut 5 sutradara handal yang tak pernah sekolah film, seperti dilansir dari Cinemagsid, Rabu (25/5/2016).

1. Quentin Tarantino

Quentin Tarantino (Cinemags)
Quentin Tarantino (Cinemags)

Sutradara kenamaan yang telah mengeluarkan 8 film, Quentin Tarantino adalah salah satu sutradara dari Hollywood yang tak pernah mengeyam pendidikan film. Setelah ia drop out dari sekolah akting, Tarantino kemudian mengasah keterampilannya terhadap dunia film. Ia juga bekerja di toko video di tahun 1980an yang dia anggap sedikit membantu mengembangkan keterampilannya tersebut.

2. Christopher Nolan

Christopher Nolan (Cinemags)
Christopher Nolan (Cinemags)

“Interstellar”, Trilogi Batman, “Inception”, dan “Memento”, adalah karya-karya fenomenal yang diciptakan Christopher Nolan. Sutradara yang tak pernah mengenyam pendidikan film ini menumbuhkan passion-nya dalam bidang fotografi dan filmmaking sejak umur 13 tahun, ketika ia pertama kali memiliki kamera.

3. Stanley Kubrick

Stanley Kubrick (Sensesofcinema)
Stanley Kubrick (Sensesofcinema)

Sineas yang satu ini memiliki nama yang begitu dihormati oleh banyak filmmaker dunia. Dia yang telah menciptakan 13 film ini memulai karirnya dengan belajar sendiri tentang fotografi dan dasar-dasar filmmaking. Ia kemudian membuat dua film dokumenter berjudul “Day Of The Fight” dan “The Flying Padre”. Hebatnya, dia mengerjakan semua hal dalam kedua film tersebut seorang diri.

4. Terry Gilliam

Terry Gilliam (Cinemags)
Terry Gilliam (Cinemags)

Sutradara ini sering menyatakan penentangan dirinya akan sekolah film. Sutradara film “Brazil” ini memulai karirnya sebagai animator dan kartunis, dan perlahan-lahan membangun pengalamannya dan kepercayaan dirinya di belakang kamera. Di tahun 2011 ia menyatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik.

5. James Cameron

James Cameron (Cinemags)
James Cameron (Cinemags)

Siapa sangka, sutradara yang telah menciptakan banyak film berkualitas, James Cameron juga tak pernah mengenyam sekolah film. Sutradara ini dulunya pernah sekolah di jurusan Arts and Science yang mengajarkan dirinya tentang production design dan special effect. Ia kemudian meninggalkan sekolahnya tersebut dan mengejar cita-citanya sebagai filmmaker. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak