Lagu-lagu yang Terinspirasi Keindahan Yogyakarta


Yogyakarta telah menginspirasi banyak musisi untuk bercerita tentangnya. Keistimewaannya membuat banyak musisi terkesan dengannya hingga mampu mencipta nada dan lirik yang menyentuh telinga dan rasa. Banyak musisi yang menuangkan pikirannya dan rasanya untuk mengisahkan pengalamannya di Yogyakarta. Berikut adalah beberapa musisinya, seperti dilansir dari Krjogjacom, Kamis (9/6/2016).

1. KLa Project – Yogyakarta

Ini adalah lagu tentang Yogyakarta yang paling populer. KLa Project, dengan lagunya yang bertajuk â??Yogyakartaâ?, membuat kamu begitu melodramatis mengingat kota tersebut. Musisi-musisi jalanan, pedagang kaki lima, dan deru kota Yogyakarta masihlah Jogja yang sama. Seolah tak ingin meninggalkan, dan kalau sudah meninggalkan, ingin berkunjung kembali.

2. Iwan Fals – Jogja

https://www.youtube.com/watch?v=RmXZNhZUubE

Iwan Fals juga punya lagu bertajuk â??Jogjaâ?. Sama dengan KLa Project, Iwan Fals yang merupakan musisi senior ini pun terasa melodramatis sembari menelusuri jalan kenangan tentang Jogja.

3. Ebiet G. Ade – Yogyakarta

https://www.youtube.com/watch?v=QSM-Rmbwqd4

Ebiet G. Ade pun memiliki sebuah lagu tentang Yogyakarta. Entah kenapa dia memakai metafora debu-debu jalanan untuk menggambarkan jalanan kota Jogja. Mungkin karena jalanan kota Jogja dulu masih jelek dan berdebu.

4. Jogja Hiphop Foundation – Jogja Istimewa

Ki Jarot (Kill The DJ, Jahanam, dan Rotra) yang sekarang lebih dikenal dengan nama Jogja Hip Hop Foundation (JHF) juga bercerita dengan sangat apik lewat lagunya yang berjudul “Jogja Istimewa”. Lagu beraliran Hiphop yang banyak menggunakan lirik bahasa Jawa ini mampu melejit dan memuaskan telinga pecinta musik Indonesia.

5. Tony Q Rastafara – Ngayogjokarto

Tony Q Rastafara yang mengusung musik reggae ini juga telah membuat lagu tentang Yogyakarta berjudul “Ngayogjokarto”. Manisnya Yogyakarta memang tidak bisa hilang dari ingatannya.

6. Shaggydog – Di Sayidan

“Di Sayidan” milik Shaggydog mungkin adalah yang terpopuler bagi telinga anak muda Jogja. Lagu ini termasuk easy listening dan ceria. Shaggydog bercerita pula tentang salah satu kawasan Jogja, kampung Sayidan. Mendengarkan lagu ini akan membuat kalian merasa Jogja yang memang nyaman, adem, rukun, dan menghargai perbedaan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak