Don't be Captious

Begini Jika Lagu Daerah Indonesia Dijadikan Versi Orkestra, Megah!

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Indonesia punya potensi besar dalam hal kebudayaan, terlebih dalam kesenian. Dari total 35 provinsi yang ada di Indonesia, semuanya memiliki kebudayaannya sendiri-sendiri, mulai dari pakaian tradisional, hingga ke lagu daerahnya.

Di antara lagu-lagu daerah itu, ada yang membanggakan. Lagu-lagu itu rupanya telah memikat seniman mancanegara. Salah satu contohnya adalah orkestra Vienna Symphony yang dikonduktori oleh Raphael Erod ini. Mereka membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia dengan sentuhan musik orkestra ala Eropa. Lagu yang mereka bawakan adalah medley dari lagu “Ampar-ampar Pisang” dari Kalimantan Selatan dan “Jali-jali” dari DKI Jakarta.

Konser itu sendiri diadakan di Aula Simfonia pada tanggal 14 Januari 2012 lalu. Versi orkestra dari lagu daerah itu berubah menjadi megah. Pendapat serupa juga bermunculan dari kolom komentar videonya di YouTube.

Vienna Symphony sendiri merupakan grup musik orkestra asal Vienna, Austria. Grup orkestra ini sudah berumur lebih dari 100 tahun, karena dibentuk pada tahun 1900, dan terus eksis hingga kini dengan konduktornya yang berganti-ganti.

BACA JUGA:  Iwan Fals Daftarkan Diri ke Rekor Guinness

Penasaran seperti apa jika lagu daerah dijadikan versi orkestra? Tonton videonya berikut ini.

(tom)

Latest article